TIPS MENEMUKAN DAN MEMIKAT KLIEN YANG LEBIH BAIK

Klien yang lebih baik membuat bisnis yang lebih baik. Tapi bagaimana tepatnya Kamu menemukan dan memikat klien “lebih baik” ini? Untuk usaha kecil, bekerja dengan klien yang buruk dibandingkan bekerja dengan klien yang baik memiliki keuntungan bisnis yang bersifat transformasional.

Bayangkan komunikasi yang responsif, pembayaran yang cepat, dan arus kas yang lebih baik, semuanya berkontribusi pada bisnis yang jauh lebih sehat dan menguntungkan. Lantas, bagaimana tepatnya Kamu dapat mengidentifikasi dan menemukan jenis klien bisnis seperti ini?

Lakukan Riset untuk Menemukan Klien Ideal Kamu

Pertama-tama, jika saat ini Kamu memiliki lebih dari satu klien, pikirkan klien mana yang Kamu anggap lebih baik dari yang lain. Gunakan “klien ideal” ini sebagai contoh untuk membantu Kamu menemukan orang lain seperti mereka. Tanyakan pada diri Kamu sendiri mengenai beberapa hal berikut:

  • Apa yang menjadikan mereka klien ideal Kamu?
  • Apakah karena mereka responsif dan mudah diajak bekerja sama?
  • Apakah mereka membayar Kamu tepat waktu?
  • Apakah Kamu menikmati peluang kerja yang mereka berikan kepada Kamu?

Masing-masing pertanyaan ini penting untuk dipertimbangkan ketika mendefinisikan klien ideal Kamu. Namun, menikmati pekerjaan Kamu sama pentingnya dengan klien yang membayar Kamu.

Misalnya, jika Kamu senang merancang situs web untuk bisnis skala kecil hingga menengah dan menemukan bahwa Kamu puas bekerja di pasar khusus tersebut, maka Kamu akan tahu bahwa Kamu tidak menikmati bekerja untuk perusahaan besar.

Cara lain untuk menemukan klien ideal Kamu adalah mengungkapkan apa yang tidak Kamu sukai dari klien. Misalnya, jika Kamu bekerja dengan klien yang selalu responsif, tetapi setelah Kamu mengirim faktur untuk pembayaran, ia terus-menerus “keluar dari jaringan,” klien impian Kamu akan menjadi sebaliknya.

Sangat penting untuk melakukan penelitian yang tepat untuk menemukan klien ideal Kamu sejak awal. Gunakan periode ini untuk membantu Kamu menilai semua klien masa depan (seperti ujian screening) untuk memastikan bahwa klien bisnis potensial ini memenuhi kriteria “contoh klien ideal” Kamu.

Menentukan di mana Klien Kamu Menghabiskan Waktu Mereka

Sebagai pemilik usaha kecil, tahu persis di mana klien ideal Kamu menghabiskan waktu mereka sangat penting, untuk mendapatkan klien yang lebih baik.

Jika Kamu tahu di mana mereka biasa menghabiskan waktu, Kamu kemungkinan akan berada dalam posisi yang baik untuk menunjukkan, menarik, menghubungkan, dan menjual layanan Kamu kepada mereka.

Untuk mencari tahu di mana klien Kamu berkumpul, tanyakan pada diri Kamu pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Jenis situs web apa yang sering mereka kunjungi?
  • Platform social media apa yang biasanya mereka gunakan?
  • Apakah mereka bagian dari grup LinkedIn atau Facebook?
  • Acara offline apa yang mereka hadiri?

Jika Kamu seorang pengguna internet aktif, Kamu mungkin terkejut melihat betapa mudahnya mendapatkan informasi ini hanya dengan melakukan survei melalui penggunaan alat seperti Google Typeforms.

Mulai Membangun Hubungan dengan Klien yang Lebih Baik

Jadi Kamu telah merefleksikan pertanyaan-pertanyaan ini dan menyelesaikan survei tersebut, maka sekarang Kamu tahu di mana klien ideal Kamu berkumpul, saatnya untuk terhubung dengan mereka dan membangun hubungan! Ada beberapa cara untuk melakukan ini:

a. Situs Web

Jika Kamu tahu situs web mana yang sering mereka kunjungi, pertimbangkan untuk menempatkan diri Kamu sebagai pemimpin pemikiran di tempat-tempat “nongkrong” tersebut. Mulailah dengan menulis konten yang relevan, mendidik, dan informatif tentang topik yang terkait dengan jenis layanan yang Kamu tawarkan.

Bagaimana cara melakukannya:

Jika Kamu adalah agen konsultan desain interior yang menyediakan berbagai layanan desain dan Kamu tahu klien ideal Kamu cenderung menelusuri artikel tentang “bagaimana cara mendesain”, maka Kamu dapat menulis postingan di web desain interior terkenal tentang cara mendesain dengan unik dan berbeda dari desainer lain.

Jangan lupa sertakan informasi pribadi dan tautan ke web pribadi Kamu, sehingga jika klien membaca artikel tersebut dan tertarik, mereka dapat dengan mudah menghubungi Kamu untuk layanan desain.

b. Social Media

Serupa dengan situs web, pastikan Kamu aktif di jaringan social media tempat klien ideal Kamu aktif.

Bagaimana cara melakukannya:

Jika klien lebih aktif di Twitter, maka jadikan Twitter sebagai social media utama Kamu untuk berinteraksi dan berbagi informasi.

Jika Kamu bisa, posisikan diri Kamu sebagai pemimpin pemikiran di jaringan yang cenderung mereka gunakan. Tetaplah terhubung dengan mereka melalui media sosial tersebut dan bagikan konten yang relevan dengan industri.

Berlatih dan Sempurnakan Strategi Kamu

Jika Kamu telah menemukan dan terhubung dengan klien impian Kamu, maka Kamu harus tahu bahwa menghubungi mereka untuk menjual layanan adalah sebuah kesempatan. Pastikan untuk menyempurnakan promosi Kamu dan pastikan hal tersebut tepat sasaran, disesuaikan, dan diarahkan ke orang yang tepat.

Berlatihlah agar promosi tersebut bisa terlihat sempurna. Sebelum Kamu menawarkan kepada mereka, luangkan waktu untuk meneliti perusahaan atau orang untuk lebih memahami kebutuhan mereka. Personalisasikan email Kamu kepada mereka dan isilah dengan tawaran yang sesuai dengan daftar kategori yang mereka inginkan.

Dapatkan Klien yang Lebih Baik dengan Menawarkan Proposisi Nilai

Menancapkan proposisi nilai perusahaan adalah kunci untuk mengomunikasikan manfaat atau nilai yang Kamu tawarkan kepada klien. Semakin baik Kamu mengetahui proposisi nilai Kamu sendiri, semakin mudah menarik jenis pelanggan yang Kamu inginkan, dan menyaring orang-orang yang tidak Kamu inginkan.

Proposisi nilai yang efektif dapat menyampaikan pesan yang jelas dan ringkas, pesan itu harus menonjolkan nilai unik Kamu, menjanjikan manfaat tertentu, dan sering menyertakan testimonial untuk bukti sosial.

Seringkali, mereka berisi judul, sub-judul, poin-poin, gambar, dan kadang-kadang bahkan video. Luangkan waktu untuk mengerjakan proposisi Kamu dan pastikan untuk memasukkannya ke halaman utama di situs web termasuk halaman beranda dan layanan Kamu.

Dengan menggunakan lima langkah di atas untuk membangun bisnis, maka Kamu akan memperoleh kesempatan untuk memperoleh klien bisnis yang lebih baik. Klien yang lebih baik adalah klien yang sehat, di mana berarti Kamu dibayar tepat waktu, memiliki komunikasi yang baik, dan memberi Kamu kesempatan untuk tumbuh bersama, membuat bisnis yang lebih baik dalam jangka panjang.

Seorang klien yang lebih baik akan membuat arus kas perusahaan menjadi lancar, dan menghindarkan Kamu dari risiko kebangkrutan, langkah selanjutnya untuk mengembangkan bisnis kecil Kamu adalah menyederhanakan pembukuan Kamu menggunakan aplikasi keuangan.

Gunakan aplikasi kasir online dari SIDRetail untuk membantu mengelola keuangan bisnis Kamu. Dengan SIDRetail Kamu akan lebih mudah dalam mengatur keuangan apaun jenis usaha dan bisnis Kamu, karena lebih user frendly dan bisa diakses di mana saja. Dengan menggunakan aplikasi kasir Kamu akan mendapatkan fitur-fitur terbaru yan mendukung usaha bisnis Kamu.

Demikianlah pembahasan mengenai kebiasaan penganggaran bulanan yang cerdas bagi pemilik bisnis kecil. SIDRetail Online merupakan aplikasi kasir online yang memudahkan Kamu dalam mengelola keuangan bisnis. Dengan menggunakan SIDRetail Online, dapatkan kemudahan untuk mengetahui laporan keuangan bisinis Kamu dengan mudah tanpa membutuhkan banyak waktu. Selain itu, Aplikasi kasir SIDRetail Online juga dilengkapi berbagai fitur lainnya, seperti membuat laporan keuangan, laporan utang-piutang, mengelola stok barang dan aset perusahaan, dan masih banyak lagi.

 


Silahkan coba demo aplikasi kasir SIDRetail Online maupun SIDRetail Platinum terlebih dahulu sebelum membeli. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin sidretail.id via phone atau Whats App:  082313084908 / 081234540765 atau via e-mail: admin@software-id.com. Layanan customer service Kami tersedia di via Phone/SMS/WA/Line: 082313084908 / 081234540765, Instagram: sidretail.id, dan Facebook: Sidretail ID, dan Twitter: sidretail_id.

 

Diposting pada tanggal: 18-7-2023

 

 

Chat kami / Fast Respon