TIPS AGAR BISNIS DAPAT BERTAHAN DALAM KRISIS

Dalam dunia bisnis segala sesuatu tidak bisa diprediksi dengan sempurna. Walau kita sudah menyusun anggaran dan membuat strategi pemasaran yang efektif tetapi adakalanya bisnis harus menghadapi situasi krisis. Berbagai krisis bisa terjadi dalam dunia bisnis seperti krisis global, krisis moneter, bencana alam atau krisis kesehatan seperti pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini. Agar bisnis dapat bertahan dalam krisis, Kamu perlu membuat Business Continuity Plan.

Dengan adanya Business Continuity Plan maka akan memperkecil resiko kerugian serta mengurangi hambatan pada operasional perusahaan saat terjadinya krisis. Business Continuity Plan juga akan meningkatkan kemampuan perusahaan dalam proses pemulihan akibat krisis tersebut. Apa itu Business Continuity Plan dan bagaimana melakukannya untuk menghadapi krisis? Simak penjelasannya ya.

Pengertian Business Continuity Plan

Business Continuity Plan adalah suatu strategi yang dibuat untuk mengurangi atau mencegah dampak dari krisis terhadap aktivitas bisnis yang normal. Strategi Business Continuity Plan menekanan pada pemaksimalan fungsi sumber daya manusia dan aset agar bisnis tetap berjalan ditengah krisis. Ditengah situasi ekonomi yang tidak menentu akibat pandemi Covid-19 sekarang ini, sudah saatnya perusahaan besar maupun UMKM mempertimbangkan penerapan Business Continuity Plan dalam usaha mereka.

Tools Business Continuity Plan

Dalam penerapan strategi Business Continuity Plan ada beberapa tools umum yang sering digunakan, yaitu :

Ishikawa’s fishbone

Ishikawa’s fishbone adalah diagram yang menunjukkan penyebab-penyebab dari sebuah even yang spesifik. Diagram ini muncul pertama kali diperkenalkan oleh Kaoru Ishikawa pada tahun 1968. Pemakaian diagram Ishikawa yang paling umum adalah untuk mencegah kerusakan serta mengembangkan kualitas produk. Diagram Ishikawa dapat membantu mengidentifikasi faktor-faktor yang signifikan memberi efek terhadap sebuah kejadian.

VUCA

VUCA (Volatility, Uncertainty, CompleBusiness Continuity Planity, and Ambiguity) atau bisa diartikan sebagai anomali, ketidakpastian, kerumitan, dan juga ketidakjelasan. VUCA pertama kali diperkenalkan oleh US Army War College untuk menggambarkan situasi geopolitik di Afghanistan dan Irak setelah perang dingin. Namun secara perlahan istilah VUCA digunakan dalam berbagai bidang salah satunya adalah bisnis.

OODA Loop

OODA Loop (Observe, Orient, Decide, dan Act) adalah konsep analisis berulang untuk menentukan keputusan suatu masalah. Istilah loop(lingkar) digunakan dalam konsep ini karena semua proses dilakukan berulang hingga keputusan yang diambil bisa efektif dan mampu memberi dampak signifikan dalam menghadapi suatu masalah.

Ruang Lingkup Business Continuity Plan

Ruang lingkup bertujuan agar manajemen perusahaan mengetahui bagian apa yang harus dikendalikan, dianalisis, dan juga dipulihkan dengan cepat supaya bisnis dapat terus dijalankan. Berikut ruang lingkup yang harus diperhatikan oleh perusahaan.

Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia atau karyawan merupakan aset yang harus dijaga perusahaan saat terjadi krisis. Jadi perusahaan harus memikirkan cara untuk membuat karyawan-karyawan terbaik bertahan dan tetap memperhatikan kesejahteraan mereka.

Proses

Proses bisnis seperti operasional, produksi dan pemasaran harus tetap berjalan dengan efisien tetapi efektif . Contoh proses bisnis yang tetap berjalan dalam strategi pemasaran adalah rumah makan yang mengubah cara penjualannya dari konvensional menjadi online lewat Facebook, Instagram, GoFood atau GrabFood akibat dari pandemi Covid-19.

Lokasi

Lokasi meliputi tempat penyimpanan produk, lokasi kantor atau apakah karyawan harus work from home atau tidak. Lokasi berhubungan dengan kinerja karyawan agar optimal dan hasilnya tetap maksimal untuk perusahaan walau disaat situasi krisis.

Teknologi

Perusahaan harus menggunakan teknologi yang tepat dalam menghadapi krisis agar pemulihannya cepat berlangsung. Teknologi yang bisa digunakan untuk membantu perusahaan antara lain aplikasi video conference, aplikasi penjualan, aplikasi akuntansi online dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan Kamu menjalankan siklus keuangan ataupun proses transaksi penjualan barang dengan cepat dan mudah, Kamu dapat menggunakan bantuan aplikasi kasir retail seperti aplikasi kasir dari SIDRetail.

Aplikasi kasir dari SIDRetail memberikan kemudahan dalam melakukan pembukuan secara akurat dan tepat. Tidak ada lagi kesalahan dalam penghitungan keuangan bisnis yang dapat merugikan perusahaan, karena hilangnya uang yang tidak terinput secara benar.

Gunakan aplikasi kasir dari SIDRetail untuk membantu mengelola keuangan bisnis Kamu. Dengan SIDRetail Kamu akan lebih mudah dalam mengatur keuangan apapun jenis usaha dan bisnis Kamu, karena lebih user friendly dan bisa diakses di mana saja. Dengan menggunakan aplikasi kasir Kamu akan mendapatkan fitur-fitur terbaru yang mendukung usaha bisnis Kamu.

Demikianlah pembahasan mengenai tips agar bisnis dapat bertahan dalam krisis. Aplikasi kasir SIDRetail Online merupakan aplikasi kasir online yang memudahkan Kamu dalam mengelola keuangan bisnis. Dengan menggunakan SIDRetail Online, dapatkan kemudahan untuk mengetahui laporan keuangan bisinis Kamu dengan mudah tanpa membutuhkan banyak waktu. Selain itu, Aplikasi kasir SIDRetail Online juga dilengkapi berbagai fitur lainnya, seperti membuat laporan keuangan, laporan utang-piutang, mengelola stok barang dan aset perusahaan, dan masih banyak lagi.


 

Silahkan coba demo aplikasi kasir SIDRetail Online maupun SIDRetail Platinum terlebih dahulu sebelum membeli. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin sidretail.id via phone atau Whats App:  082313084908 / 081234540765 atau via e-mail: admin@software-id.com. Layanan customer service Kami tersedia di via Phone/SMS/WA/Line:  082313084908 / 081234540765, Instagram: sidretail.id, dan Facebook: Sidretail ID, dan Twitter: sidretail_id.

 

Diposting pada tanggal: 3-5-2023
Chat kami / Fast Respon