SEBAB-SEBAB INVOICE SERING DIBATALKAN
Banyak invoice dibatalkan bisa dalam puluhan bahkan ratusan dalam setahunnya. Jumlah invoice dibatalkan ini tentu akan mengganggu siklus akuntansi Kamu khususnya yang dikerjakan secara manual. Invoice yang dibatalkan juga berpengaruh pada faktur pajak yang terkait dengan invoice.
Faktor Penyebab Invoice Dibatalkan
Invoice adalah dokumen pembelian item yang berisi nama barang, kuantitas dan total pembayaran yang harus dilunasi oleh pembeli. Jumlah invoice dibatalkan bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Kesalahan Penginputan
Jumlah invoice yang dibatalkan tinggi bisa dikarenakan kesalahan penginputan invoice oleh bagian penjualan atau pembelian. Bisa saja adanya double entry invoice yang sama untuk satu transaksi.
2. Kesalahan Ejaan
Invoice yang dibatalkan tinggi disebabkan kesalahan ejaan dalam invoice tersebut. Misalnya saja kesalahan penulisan nama pembeli dan NPWP yang tidak sesuai ejaan akan mengakibatkan kesalahan faktur pajak.
3. Pemesanan yang Tidak Sesuai
Pemesanan yang tidak sesuai dengan yang dipesan oleh pembeli juga bisa menyebabkan invoice dibatalkan. Hal ini bisa terjadi bila penamaan barang memiliki kemiripan sehingga Kamu salah memasukan barang.
4. Pembatalan Pembelian
Pembatalan pembelian juga mempengaruhi jumlah invoice yang dibatalkan. Pembatalan pembelian bisa dipengaruhi keputusan pembeli maupun penjual atau keduanya. Bisa saja karena produk yang tersedia tidak mencukupi permintaan pembeli.
Jumlah invoice yang dibatalkan mempengaruhi analisis laporan keuangan perusahaan. Data yang tersaji bisa saja kurang akurat karena perhitungan pada pos tertentu belum dikurangi akibat pembatalan invoice seperti pos piutang maupun penjualan.
Tips Membuat Invoice
Untuk mengurangi jumlah invoice yang dibatalkan ada baiknya bila Kamu mengikuti beberapa tips membuat invoice di bawah ini :
1. Ketahui Detail Informasi Pembeli
Penting untuk mengetahui detail informasi pembeli Kamu meliputi nama lengkap, nomor pokok wajib pajak, alamat dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Pastikan semua informasi pembeli sesuai khususnya bagian nama pembeli dan NPWP. kesalahan ejaan bisa mengakibatkan kekeliruan dalam faktur pajak.
Sementara pembatalan faktur pajak yang keliru wajib mengirimkan pemberitahuan ke kantor pelayanan pajak. Bila terlanjur dilaporkan maka perlu dilakukan pembetulan faktur.
2. Pastikan Permintaan Pembeli Sudah Benar
Bila data pembeli sudah benar lanjutkan dengan mengkonfirmasi permintaan pembelian. Pastikan barang yang dipesan sesuai dengan permintaan. Bila pembeli memilih membeli secara kredit pastikan termin dan tanggal jatuh tempo disematkan pada invoice. Pembeli juga telah diinfokan terkait termin, denda keterlambatan pembayaran dan tanggal jatuh temponya.
3. Periksa Kembali Invoice
Periksa kembali invoice apakah kode barang yang dimasukan telah tepat sehingga nama barang sesuai permintaan. Kode barang yang disematkan pada invoice mempengaruhi persediaan dari barang yang tercatat dalam kartu stok barang dagangan.
4. Manfaatkan Aplikasi
Untuk mempermudah pembuatan invoice percayakan pada aplikasi. Pembuatan invoice terintegrasi secara otomatis dengan akun yang terkait seperti akun penjualan dan piutang usaha. Kamu bisa membuat draft invoice bila belum yakin.
Invoice tercetak dalam bentuk digital serta lebih cepat pembuatannya ketimbang dilakukan secara manual. Desain elegan dan rapi serta memuat informasi yang jelas untuk pelanggan
Manfaatkan SIDRetail untuk kebutuhan pembuatan dan pengiriman invoice Kamu. selain handal dalam membuat invoice aplikasi ini juga mampu mencetak berbagai format laporan keuangan.
Demikianlah pembahasan mengenai sebab-sebab invoice sering dibatalkan. Aplikasi kasir SIDRetail Online merupakan aplikasi kasir online yang memudahkan Kamu dalam mengelola keuangan bisnis. Dengan menggunakan SIDRetail Online, dapatkan kemudahan untuk mengetahui laporan keuangan bisinis Kamu dengan mudah tanpa membutuhkan banyak waktu. Selain itu, Aplikasi kasir SIDRetail Online juga dilengkapi berbagai fitur lainnya, seperti membuat laporan keuangan, laporan utang-piutang, mengelola stok barang dan aset perusahaan, dan masih banyak lagi.
Silahkan coba demo aplikasi kasir SIDRetail Online maupun SIDRetail Platinum terlebih dahulu sebelum membeli. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin sidretail.id via phone atau Whats App: 082313084908 / 081234540765 atau via e-mail: admin@software-id.com. Layanan customer service Kami tersedia di via Phone/SMS/WA/Line: 082313084908 / 081234540765, Instagram: sidretail.id, dan Facebook: Sidretail ID, dan Twitter: sidretail_id.