SEBAB KAMU KEWALAHAN MENGELOLA STOK MAKANAN DALAM BISNIS FNB
Berapa banyak rupiah yang pebisnis buang ke tempat sampah setiap tahun? Sehelai selada, beberapa gram daging mungkin tidak terlihat banyak. Namun setiap bulan itu akan terus bertambah hingga menjadi setumpuk uang yang besar.
Limbah, pembusukan, kelebihan stok, pencurian, dan semua biaya makanan “tersembunyi” yang serius dapat menghambat arus kas pebisnis. Manajemen persediaan yang tepat akan membantu Kamu menemukan dan mengurangi biaya limbah makanan dan memaksimalkan rupiah yang dibelanjakan pada produk/bahan baku.
Berikut adalah sebab kamu kewalahan mengelola stok makanan dalam bisnis FnB:
1. Tim yang Berantakan
Pebisnis tidak memilih orang-orang yang bertanggung jawab pada seluruh proses, termasuk bagaimana persediaan produk diorganisir dan diterima. Mencari individu dan tim yang dapat dipercaya dan analitis akan terbilang sulit. Namun itu semua akan menghasilkan organisasi produk yan maksimal
2. Tidak Melatih Tim dengan Baik
Kerugian bisa saja disebabkan oleh pemahaman buruk pada metode persediaan yang digunakan. Mereka perlu tahu kategori inventaris, unit pembelian, unit masalah, daftar inventaris makanan, dan masih banyak lagi. Tidak memberikan kesan pada seluruh staf betapa pentingnya daftar persediaan yang dikelola dengan baik adalah sebuah kesalahan.
3. Tidak Rutin
Menghitung secara mingguan, bulanan, tahunan, atau bahkan pada penutupan setiap hari kerja untuk mengawasi persediaan. Semakin sering inventarisasi dilakukan, semakin mudah untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang mungkin muncul.
4. Cek Stok
Mengatur lembar persediaan untuk menyelaraskan jumlah produk dengan kondisi di gudang. Dengan cara itu, staf persediaan tidak akan berjalan bolak-balik antara lokasi dari barang ke gudang. Dua orang membuat proses lebih mudah. Yang satu dapat menghitung, dan lainnya dapat merekam informasi pada lembar kerja.
Selain itu, aplikasi untuk mengatur stok gudang seharusnya dapat membantu dalam pencatatan stok barang di gudang. Hal ini akan mempermudah dalam menangani persediaan.
5. Tidak Menentukan Kebutuhan Minimum
Adalah jumlah minimum dari produk yang harus dimiliki dalam persediaan untuk membuat pemesanan berikutnya. Jika kuantitas di gudang lebih rendah dari tingkat kebutuhan minimum, segera pesan apa yang dibutuhkan untuk membawa jumlah persediaan di angka normal. Siklus pemesanan yang buruk hanya akan membuatnya lebih sulit untuk dilacak dan dikelola.
Penggunaan aplikasi kasir pada manajemen persediaan di bisnis makanan dapat membuat setiap aspek dari proses inventarisasi secara eksponensial lebih mudah. Mencari solusi yang kompatibel dengan pemesanan, resep, dan sistem faktur sehingga dengan mudah memantau biaya pokok penjualan.
Dalam bisnis yang ideal, sudah seharusnya manajemen persediaan di-otomatisasi. Alat berbasis cloud sekarang tersedia untuk melakukan semua ini, menghemat banyak waktu dan usaha. Pebisnis masih harus membuat keputusan akhir tentang lini produk yang dijual, tapi biarkan sistem menangani sisa proses dengan aplikasi kasir.
Adapun dalam hal menunjang kegiatan dalam mengelola stok bisnis makanan dan minuman, sebaiknya Kamu bisa menggunakan aplikasi pembukuan seperti aplikasi kasir dari SIDRetail.
Aplikasi kasir dari SIDRetail memberikan kemudahan dalam melakukan pembukuan secara akurat dan tepat. Tidak ada lagi kesalahan dalam penghitungan keuangan bisnis yang dapat merugikan perusahaan, karena hilangnya uang yang tidak terinput secara benar.
Gunakan aplikasi kasir dari SIDRetail untuk membantu mengelola keuangan bisnis Kamu. Dengan SIDRetail Kamu akan lebih mudah dalam mengatur keuangan apaun jenis usaha dan bisnis Kamu, karena lebih user frendly dan bisa diakses di mana saja. Dengan menggunakan aplikasi kasir Kamu akan mendapatkan fitur-fitur terbaru yan mendukung usaha bisnis Kamu.
Demikianlah pembahasan mengenai sebab kamu kewalahan mengelola stok makanan dalam bisnis FnB. SIDRetail Online merupakan aplikasi kasir online yang memudahkan Kamu dalam mengelola keuangan bisnis. Dengan menggunakan SIDRetail Online, dapatkan kemudahan untuk mengetahui laporan keuangan bisinis Kamu dengan mudah tanpa membutuhkan banyak waktu. Selain itu, Aplikasi kasir SIDRetail Online juga dilengkapi berbagai fitur lainnya, seperti membuat laporan keuangan, laporan utang-piutang, mengelola stok barang dan aset perusahaan, dan masih banyak lagi.
Silahkan coba demo aplikasi kasir SIDRetail Online maupun SIDRetail Platinum terlebih dahulu sebelum membeli. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin sidretail.id via phone atau Whats App: 082313084908 / 081234540765 atau via e-mail: admin@software-id.com. Layanan customer service Kami tersedia di via Phone/SMS/WA/Line: 082313084908 / 081234540765, Instagram: sidretail.id, dan Facebook: Sidretail ID, dan Twitter: sidretail_id.
Diposting pada tanggal: 15-6-2023