PERAN PENTING ORGANISASI UNTUK KEBERLANGSUNGAN BISNIS

Dalam sebuah bisnis, fungsi organisasi sangatlah berpengaruh besar bagi sebuah bisnis, dikarekana dengan adanya organisasi, bisnis Kamu akan semakin rapih dan terarah, serta memudahkan Kamu dalam mengatur strategi agar bisnis berkembang dengan cepat, seperti startegi dalam menentukan harga jual sebuah produk, strategi dalam menentukan pasar yang baik bagi bisnis Kamu, dan strategi lainnya.

Organisasi adalah sebuah tempat bagi sekumpulan orang yang bekerja sama secara rasional serta sistematis yang terpimpin atau terkendali untuk mencapai tujuan tertentu. Sementara dalam bisnis, organisasi merupakan suatu kelompok orang yang melakukan kolaborasi untuk mencapai tujuan secara komersial dengan struktur yang jelas dan memiliki budaya kerja khusus.

Fungsi Organisasi Bagi Kelangsungan Bisnis

Berikut beberapa penjelasan mengenai fungsi organisasi bagi kelangsungan bisnis :

• Memudahkan Dalam Pembuatan Perencanaan

Fungsi organisasi dalam manajemen adalah dapat memudahkan Kamu dalam membuat suatu perencanaan. Dan membuat sebuah perencanaan tersebut membutuhkan aset dan tenaga kerja karyawan dalam mencapai sebuah target baru. Namun untuk memulainya, Kamu harus membuat sebuah organisasi, pentingnya fungsi organisasi ini adalah untuk mempermudah manajemen dalam membuat laporan analisis dan evaluasi terhadap kinerja perusahaan atau bisnis Kamu.

• Mendapatkan Berbagai Informasi

Fungsi organisasi bukan hanya sebagai wadah bagi sekumpulan orang dalam sebuah perusahaan mencapai tujuan bersama. Namun fungsi organisasi tersebut dapat digunakan sebagai tempat untuk mendapatkan sebuah informasi. Dalam sebuah organisasi perusahaan, tentunya Kamu akan bertemu dengan anggota lainnya.

Sebab di dalam sebuah organisasi tersebut Kamu akan bertemu dengan anggota lainnya. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam informasi dari anggota lainnya, selain mendapatkan informasi secara fisik, Kamu juga bisa mendapatkan informasi dengan melakukan sebuah meeting online dengan rekan kerja yang lainnya.

Bertukar pendapat dan bertukar informasi merupakan hal yang dapat Kamu lakukan. Dengan fungsi organisasi seperti ini Kamu akan mendapatkan berbagai hal penting yang mungkin Kamu butuhkan dalam kelangsungan bisnis.

• Membantu Dalam Mencapai Target yang Ditentukan

Fungsi organisasi bagi sebuah bisnis adalah dapat memudahkan Kamu dalam mem-break down pekerjaan yang dilakukan dalam rencana kegiatan, dan organisasi tersebut akan di kelompokan menjadi satu grup sesuai dengan masing-masing jabatannya. Dan setelah di kelompokan, maka akan dibuat menjadi sebuah struktur dengan memberikan tugas masing-masing dalam grup organisasi , tujuan organisasi ini agar dapat mencapai sebuah target yang ingin dicapai.

• Dapat mengembangkan Keahlian Public Speaking

Menjadi seorang pemimpin, public speaking merupakan suatu hal yang paling penting dalam berkomunikasi dengan banyak orang bahkan pebisnis lainnya. Namun dalam public speaking masih saja ada seorang pemimpin yang tidak mengacu pada keahlian dalam berbicara di depan umum.

Untuk melatih hal tersebut, Kamu dapat memulai diri Kamu dengan melatih berbicara kepada organisasi Kamu, seperti seorang karyawan, maupun organisasi lainnya.

Fungsi organisasi ini juga dapat mengembangkan dan melatih diri Kamu dalam melakukan publick speaking, seperti menyampaikan pendapat, berpidato, dan lain sebagainya. Berawal dari mampu berbicara di depan sesama anggota organisasi, harapannya kemampuan ini akan terus berkembang ke lingkungan yang lebih luas.

• Melatih Jiwa Kepemimpinan

Dalam sebuah bisnis, melatih jiwa kepemimpinan sangatlah di perlukan, tidak perlu harus memandang posisi jabatan pekerjaan Kamu, tinggi rendahnya jabatan seseorang, setiap manusia arus memiliki jiwa kepemimpinan, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Fungsi organisasi inilah yang sangat mempengaruhi jiwa kepemimpinan Kamu.

Dan apabila Kamu menjadi seorang pemimpin di perusahaan Kamu, maka Kamu harus memiliki karakter pemimpin yang dapat membawa organisasi dan bisnis Kamu menjadi maju dan berkembang. Dan di dalam sebuah organisasi juga pemimpin akan diajarkan bagaimana cara mengambil sebuah keputusan yang bijak dengan tidak merugikan pihak manapun.

• Memudahkan dalam Menentukan Tugas Karyawan

Fungsi organisasi selanjutnya adalah dapat memudahkan pihak perusahaan dalam membagikan tugas para karyawanya. Sehingga tugas yang di berikan karyawan tidak tumpang tindih. Dan tentunya dengan adanya fungsi organisasi tersebut membuat karyawan menjadi maksimal dalam bekerja di setiap bidangnya masin-masing. Dan hal ini akan mempercepat perusahaan atau bisnis dalam mencapai setiap target yang telah ditentukan.

• Timbulnya Semangat Kerja

Yang terdapat dari sebuah fungsi organisasi dalam perusahaan atau bisnis adalah organisasi akan membuat karyawan bekerja sama dengan karyawan lainnya, yang sesuai dengan job decription yang di berikan. Dan dengan adanya sebuah organisasi tersebut, maka akan timbul hubungan yang solid antara karyawan dalam perusahaan tersebut.

• Membantu Dalam Mempermudah Perhitungan Gaji

Fungsi organisasi dalam sebuah perusahaan juga dapat membantu Kamu pemilik bisnis dalam mengatasi kesulitan keuangan dalam hal perhitungan remunerasi karyawan. Yang dimana dalam perhitungan tersebut di lihat sesuai dengan beban kerja, tanggung jawab yang diberikan, dan sesuai dengan posisi jabatan karyawan tersebut.

Dimana apabila karyawan tersebut memiliki posisi level jabatan yang tinggi, maka akan memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan remunerasi yang diterima juga akan semakin besar.

Dengan adanya sebuah organisasi inilah yang membuat perhitungan beban gaji karyawan menjadi lebih efesien. Namun bagi Kamu pebisnis yang ingin memiliki pembukuan yang rapih dan memiliki laporan yang lengkap dan penjumlahan yang tepat mengenai pengeluaran uang untuk membayar sebuah gaji karyawan, Kamu bisa menggunakan aplikasi kasir SIDRetail, untuk memudahkan Kamu dalam menghitung segala pembukuan Kamu dalam tiap bulannya.

Organisasi dalam sebuah bisnis adalah element yang sangat penting dalam rencana pengembangan yang lebih baik. Jika organisasi yang dijalankan baik, maka manfaat organisasi akan membuat bisnis Kamu menjadi lebih optimal. Dan dengan adanya sebuah organisasi dalam bisnis akan membawa implikasi yang luas dan akan membangun hubungan baik antar karyawan.

Namun dalam sebuah organisasi, tentu dibutuhkan pemikiran yang sistematis dan efisien dalam melakukan berbagai hal termasuk dalam mengatur keuangan dan memiliki catatan keuangan yang transparan dan rapi agar bisa diketahui oleh seluruh anggota organisasi.

Aplikasi kasir dari SIDRetail memberikan kemudahan dalam melakukan pembukuan secara akurat dan tepat. Tidak ada lagi kesalahan dalam penghitungan keuangan bisnis yang dapat merugikan perusahaan, karena hilangnya uang yang tidak terinput secara benar.

Demikianlah pembahasan mengenai peran penting organisasi untuk keberlangsungan bisnis. Aplikasi kasir SIDRetail Online merupakan aplikasi kasir online yang memudahkan Kamu dalam mengelola keuangan bisnis. Dengan menggunakan SIDRetail Online, dapatkan kemudahan untuk mengetahui laporan keuangan bisinis Kamu dengan mudah tanpa membutuhkan banyak waktu. Selain itu, Aplikasi kasir SIDRetail Online juga dilengkapi berbagai fitur lainnya, seperti membuat laporan keuangan, laporan utang-piutang, mengelola stok barang dan aset perusahaan, dan masih banyak lagi.


 

Silahkan coba demo aplikasi kasir SIDRetail Online maupun SIDRetail Platinum terlebih dahulu sebelum membeli. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin sidretail.id via phone atau Whats App:  082313084908 / 081234540765 atau via e-mail: admin@software-id.com. Layanan customer service Kami tersedia di via Phone/SMS/WA/Line:  082313084908 / 081234540765, Instagram: sidretail.id, dan Facebook: Sidretail ID, dan Twitter: sidretail_id.

 

Diposting pada tanggal: 27-4-2023
Chat kami / Fast Respon