PERAN MARKETING DALAM PERUSAHAAN
Banyak perusahaan menggunakan teknik marketing untuk mencapai tujuan mereka tanpa menyadarinya. Banyak yang masih tidak tahu persis apa itu yang dimaksud dengan marketing. Ketika ditanya, mereka mendefinisikannya sebagai penjualan atau periklanan. Meskipun jawaban-jawaban ini tidak salah, mereka hanyalah bagian dari strategi pemasaran.
Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan.
Marketing melibatkan banyak hal lain seperti distribusi produk, promosi, perancangan dan pembuatan materi seperti halaman arahan dan konten media sosial, membangun pengalaman pelanggan, melakukan riset pasar dan menetapkan pasar sasaran, dan banyak lagi.
Definisi lain dari marketing bisa disebut sebagai beberapa aktivitas yang saling berhubungan guna memenuhi apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari apa yang dibeli oleh konsumen. Marketing memang dekat dengan dengan kehidupan sehari-hari, karena marketing ditugaskan di lapangan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.
Sampai-sampai karena banyaknya produk yang dipromosikan oleh seorang marketing membuat kamu kebingungan dalam menentukan pilihan mana produk yang adalah terbaik. Saat ini, marketing adalah sesuatu yang harus diterapkan oleh setiap perusahaan dan organisasi dalam strategi pertumbuhannya.
Fungsi Marketing Perusahaan Adalah
Berikut beberapa fungsi marketing dalam perusahaan yang jarang kamu ketahui:
1. Fungsi Pertukaran
Dalam dunia marketing, konsumen dapat dengan bebas untuk memilih produk yang berasal dari perusahaan mana saja dengan menukarkannya dengan uang atau bisa menukarkan produk dengan produk yang digunakan sendiri ataupun yang akan dijual kembali.
2. Fungsi Distribusi Fisik
Fungsi distribusi produk dilakukan dengan cara memindahkan produk dengan cara mengangkut dan menyimpan produk. Produk yang dimiliki oleh produsen akan didistribusikan kepada konsumen baik melalui melalui darat, laut, atau udara. Dalam hal penyimpanan produk dilakukan agar produk terjaga pasokannya di pasar sehingga tidak terjadi kelangkaan saat dibutuhkan oleh konsumen.
3. Fungsi Perantara
Untuk bisa memberikan produk sampai kepada tangan konsumen, seorang seorang marketinglah yang nantinya akan menghubungkan dari pihak produsen kepada konsumen.
4. Fungsi Lain Dari Marketing
Fungsi lain dari marketing tidak hanya sebagai pertukaran, distribusi fisik, dan perantara, tetapi masih ada fungsi penting lainnya yang dimiliki oleh seorang marketing berdasarkan manajemen pemasaran, diantaranya adalah sebagai berikut ini:
- Marketing Sales
Tugas utama seorang marketing adalah menghasilkan sales atau penjualan dari produk yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang dijual. - Marketing Promosi
Marketing memiliki tugas untuk mengenalkan sebuah produk kepada masyarakat luas agar produk yang dimiliki perusahaan bisa dikenal.
- Marketing Riset dan Pengembangan
Marketing memiliki tugas untuk mencari informasi dari sebuah produk yang dibutuhkan oleh konsumen atau melakukan pengembangan produk yang sudah ada mengenai kelebihan dan kekurangannya, kemudian melaporkannya semuanya kepada perusahaan agar segera dilakukan tindak lanjut. - Marketing Communication
Marketing memiliki tugas untuk membuat hubungan yang baik antara perusahaan dengan konsumen, perusahaan dengan masyarakat sekitar dan perusahaan kepada pihak yang terkait dalam bisnis.
Tugas Marketing Adalah
Selain memiliki definisi dan fungsi, marketing memiliki tugas utama yang harus dilakukan agar bisnis tetap bisa berjalan. Berikut adalah tugas seorang marketing adalah:
- Sebagai orang yang pertama kali mengenalkan produk yang dimiliki perusahaan kepada masyarakat, terutama pada produk-produk baru yang membutuhkan banyak promosi.
- Bertugas menjadi orang yang menjualkan produk perusahaan kepada konsumen sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang terjual.
- Bertugas untuk mencari informasi dan menyampaikannya kepada perusahaan mengenai kelebihan dan kekurangan dari sebuah produk yang dijual.
- Bertugas menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan konsumen.
- Bertugas menjadi penghubung antara perusahaan dengan lingkungan sekitar.
4 Tahapan dalam Marketing
Perusahaan harus melalui beberapa tahapan marketing untuk memastikan produk atau layanan mereka siap untuk dijual.
1. Ideation
Marketing dimulai saat kamu mengembangkan ide untuk produk atau layanan. Sebelum meluncurkan produk atau layanan, kamu harus memutuskan apa yang kamu jual, berapa banyak pilihan yang tersedia, dan bagaimana itu akan dikemas dan disajikan kepada konsumen.
2. Riset dan pengujian
Sebelum kamu dapat mempublikasikan ide kamu, kamu harus melakukan riset dan pengujian pemasaran. Departemen pemasaran biasanya menguji konsep produk baru dengan kelompok fokus dan survei untuk mengukur minat konsumen, menyempurnakan ide produk, dan menentukan harga yang akan ditetapkan. Meneliti pesaing kamu dapat membantu kamu menetapkan harga yang optimal dan menghasilkan ide untuk memposisikan merek kamu di pasar yang ada.
3. Periklanan
Informasi yang kamu kumpulkan dalam penelitian kamu akan membantu kamu menentukan strategi penjualan dan membuat kampanye periklanan. Promosi dapat mencakup berbagai bentuk media, acara, iklan langsung, kemitraan berbayar, hubungan masyarakat, dan banyak lagi. Sebelum memulai kampanye periklanan, tetapkan tolak ukur konkret yang dapat kamu gunakan untuk mengukur seberapa efektif kampanye periklanan tersebut.
4. Menjual
Tentukan di mana dan bagaimana kamu berencana untuk menjual kepada pelanggan. Perusahaan produk konsumen, misalnya, menjual ke grosir yang kemudian menjualnya ke pengecer. Di pasar industri, proses pembelian lebih lama dan melibatkan lebih banyak pengambil keputusan.
Kamu dapat menjual secara lokal, nasional, atau bahkan internasional, dan beberapa perusahaan hanya menjual produk atau layanan mereka secara online. Saluran distribusi dan penjualan kamu memengaruhi siapa yang membeli produk kamu, kapan mereka membelinya, dan bagaimana mereka membelinya.
Jenis Strategi Marketing
Perlu diketahui bahwa marketing bukan hanya satu strategi saja, melainkan kombinasi dari banyak teknik dan taktik yang berbeda. Di bawah ini adalah daftar beberapa strategi pemasaran penting untuk menyasar pasar lebih luas yang harus kamu ketahui:
- Marketing Plan
Temukan apa itu rencana pemasaran, mengapa kamu perlu merancangnya, dan kunci untuk membuat rencana yang kuat. Tanpa rencana pemasaran, perusahaan atau merek tidak dapat mencapai tujuannya. - Digital Marketing
Pemasaran digital adalah disiplin pemasaran yang berfokus pada pengembangan strategi hanya dalam lingkungan digital. - Direct Marketing
Pemasaran langsung adalah jenis kampanye yang didasarkan pada komunikasi dua arah langsung yang berupaya memicu hasil dari audiens tertentu. - Email Marketing
Pemasaran Email adalah salah satu teknik yang paling menguntungkan dan efektif dalam hal pengembalian. Biasanya, ini terdiri dari mengirim email ke audiens kamu , tetapi pastikan untuk mendefinisikan segmen kamu dengan baik agar efektif. - Mobile Marketing
Pemasaran Seluler adalah konsep luas yang menyatukan semua kampanye dan tindakan pemasaran yang berfokus secara eksklusif pada platform dan aplikasi seluler (yaitu ponsel cerdas dan tablet). - Viral Marketing
Memiliki sesuatu yang viral adalah impian setiap perusahaan. Viral Marketing menyebar dari satu orang ke orang lain dan mampu berjalan sangat jauh dengan sangat cepat. - Performance Marketing
Performance Marketing adalah metodologi yang menerapkan berbagai metode dan teknik pemasaran dan menjamin pengiklan bahwa mereka hanya perlu membayar untuk hasil yang dicapai. - Inboud Marketing
Metode pemasaran ini berfokus pada pembuatan konten yang berharga untuk menarik lalu lintas yang berkualitas dan bekerja menuju penjualan akhir.
Apa Peran Marketing untuk Bisnis Kamu ?
Marketing adalah sebuah cara untuk meningkatkan bisnis kamu, tetapi mari kita lihat beberapa cara yang paling berdampak.
1. Meningkatkan Kesadaran Merek
Hal ini penting karena membuat orang mengenal merek kamu dan produk atau layanan yang kamu sediakan. Selain itu juga membuat kamu berkesan bagi pelanggan yang dapat mulai mempercayai merek kamu, menjadi klien setia, dan memberi tahu jaringan mereka tentang kamu.
2. Meningkatkan Traffic
Meningkatkan jumlah pengunjung ke situs kamu berarti mendapatkan lebih banyak prospek yang berkualitas dan pada akhirnya meningkatkan penjualan kamu. Strategi pemasaran yang efektif akan membantu kamu melalui proses ini.
3. Meningkatkan Omset
Setiap bisnis yang ingin meningkatkan penjualan dan omset mereka dapat membantu mencapai tujuan ini melalui berbagai strategi seperti mengoptimalkan situs web dan SEO kamu, membuat kampanye email, melakukan pengujian A / B untuk menentukan strategi terbaik untuk kamu, dan banyak lagi.
4. Membangun Kepercayaan pada Brand Kamu
Menciptakan tingkat kepercayaan yang tinggi pada merek kamu mengarah pada loyalitas pelanggan dan pembelian berulang. Hal ini tidak hanya meningkatkan pendapatan tetapi juga menghasilkan ulasan yang bagus baik secara online maupun dari mulut ke mulut, yang masih merupakan salah satu jenis promosi yang paling efektif.
5. Melacak Metrik
Metrik sangat membantu dalam membuat strategi pemasaran kamu. Mereka tidak hanya mengarahkan strategi dan membantu melacak kemajuannya, tetapi juga menginformasikan apa yang dapat diadaptasi atau disesuaikan untuk terus mengoptimalkan kampanye kamu.
Demikianlah pembahasan mengenai apa yang dimaksud dengan marketing, definisi, tujuan, dan fungsi penting marketing dalam perusahaan yang jarang kamu ketahui. Sebagai seorang marketing yang andal, kamu harus memulai memikirkan untuk membuat laporan keuangan dari semua hasil penjualan. Dengan memiliki laporan keuangan, kamu akan lebih mudah dalam mengelola keuangan marketing dengan lebih baik. Maka dari itu sebaiknya gunakan aplikasi kasir yang terbaik dan memadai.
Sekian penjelasan mengenai peran marketing dalam perusahaan dari Kami. Semoga kamu bisa menjalankan proses pemasaran dengan lebih terencana agar bisa mendapatkan hasil maksimal bagi perusahaan. Semoga bermanfaat!!
Silahkan coba demo aplikasi kasir SIDRetail Online maupun SIDRetail Platinum terlebih dahulu sebelum membeli. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin sidretail.id via phone atau Whats App: 082313084908 / 081234540765 atau via e-mail: admin@software-id.com. Layanan customer service Kami tersedia di via Phone/SMS/WA/Line: 082313084908 / 081234540765, Instagram: sidretail.id, dan Facebook: Sidretail ID, dan Twitter: sidretail_id.