MENINGKATKAN PENDAPATAN DARI BISNIS PERHOTELAN
Hotel merupakan bangunan yang dikelola untuk menyediakan tempat menginap bagi para tamu dalam jangka pendek dengan imbalan uang. Fitur dan layanan yang disediakan untuk para tamu biasanya bervariasi antara satu hotel dengan hotel yang lainnya. Pemilik hotel umumnya bertujuan menarik pelanggan pada segmentasi tertentu melalui model penetapan harga dan strategi pemasaran atau melalui berbagai layanan yang ditawarkan.
Usaha hotel adalah usaha penyediaan akomodasi berupa kamar-kamar di dalam suatu bangunan, yang dapat dilengkapi dengan jasa pelayanan makan dan minum, kegiatan hiburan dan atau fasilitas lainnya secara harian dengan tujuan memperoleh keuntungan. Sedangkan pengusaha hotel adalah orang atau sekelompok orang yang membentuk badan usaha Indonesia berbadan hukum yang melakukan kegiatan usaha hotel.
Untuk meningkatkan manajemen hotel sehingga pelanggan Kamu banyak, mimin akan merekomendasikan aplikasi kasir untuk mempermudah bisnis Kamu. Aplikasi Kasir Hotel SID Hotel Premium Edition adalah aplikasi untuk manajemen transaksi di hotel dan resort, bisa juga digunakan untuk villa, wisma, guest house mulai dari kelas kecil atau menengah ke atas. Software hotel didesain dengan tampilan yang manarik dan mudah digunakan, dengan menggunakan database MYSQL.
Software hotel berbahasa indonesia, didesain sedemikian mungkin supaya aplikasi mudah digunakan walaupun bagi yang belum begitu paham komputer, harga yang sangat terjangkau (lebih murah dibandingkan dengan software hotel yang lain) akan tetapi tetap mempertahankan kualitas, jika kamu tertarik ingin mencoba versi trialnya silahkan download dari link download aplikasi kasir hotel.
Software SID Hotel PE sangat cocok untuk hotel kelas menengah sampai berbintang, resort, motel, wisma atau usaha penginapan lainnya.
Adapun fitur yang kita sediakan yaitu :
- Mencatat Data Kamar (Room)
- Mencatat Data Kategori service (seperti laundry atau menu makanan)
- Transaksi cek IN dan cek OUT
- Mencatat transaksi pesanan room service
- Booking atau reservasi
- Laporan transaksi harian dan bulanan disertai grafik
- Didesain menggunakan Metro Style windows 8
- Backup database
Pertumbuhan jumlah hotel mengindikasikan bahwa industri pariwisata Indonesia sedang mengalami perkembangan yang baik, dan ini membuka peluang bagi pengusaha pariwisata untuk ikut andil dalam menjalankan bisnis wisata di berbagai daerah di Indonesia.
Tidak dapat dipungkiri juga bahwa pertumbuhan yang pesat ini juga menyebabkan tingkat persaingan antar pengusaha pariwisata juga semakin sengit, terutama yang mempunyai usaha di bidang perhotelan.
Oleh karena itulah, wajib bagi Kamu menggunakan aplikasi kasir hotel untuk meningkatkan strategi. Pada artikel kali ini, Saya akan memberikan Kamu 4 strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk menghadapi persaingan bisnis perhotelan sekaligus meningkatkan jumlah okupansi hotel Kamu.
1. Tawarkan pengalaman unik kepada calon tamu Kamu
Hotel-hotel sekarang sudah terlalu sering dipasarkan dengan embel-embel fitur dan kelebihan yang terkesan “mainstream atau biasa saja”, misalnya lokasi yang strategis, fasilitas, dan kemewahan.
Alih-alih mejual fitur tersebut, lebih baik Kamu mencoba menjual pengalaman yang unik dan menarik untuk calon tamu Kamu. Ketika merencanakan bahan promosi untuk brosur ataupun situs web, cobalah untuk memfokuskan promosi pada pengalaman apa yang bisa tamu dapatkan jika menginap di hotel Kamu.
Pikirkan tentang mengapa orang-orang menginap di hotel misalnya, untuk melepas lelah dari pekerjaan sehari-hari, berwisata ataupun berkumpul dengan keluarga di suasana yang berbeda dan promosikan perasaan serta motivasi tersebut kepada target pasar Kamu.
Menginap di hotel bagi wisatawan khususnya merupakan suatu sarana untuk beristirahat sembari tetap bersantai dan mencari pengalaman baru di hotel tempat menginap. Ini yang membuat penawaran pengalaman unik di hotel menjadi sangat penting.
2. Jangan pernah perang harga
Mengejutkan memang. Tetapi fakta menunjukkan bahwa sebagian wisatawan memilih destinasi, agen perjalanan ataupun hotel, bukan berdasarkan harga terendah yang ditawarkan. Dengan aplikasi kasir Kamu dapat memberikan promosi atau diskon terkait harga hotel Kamu, sehingga tidak ada terjadi perang harga dengan wisatawan.
Memasarkan hotel dengan menerapkan harga termurah memang bisa menjadi cara terbaik untuk menarik perhatian calon tamu, tetapi ini juga merupakan cara terburuk untuk menghasilkan keuntungan yang besar dan stabil.
Alih-alih bersaing pada harga, lebih baik Kamu bersaing pada nilai dan pengalaman yang diberikan kepada tamu. Jangan menjadikan hotel Kamu sebagai hotel termurah, tetapi jadikan sebagai hotel terbaik sesuai dengan target pasar dan tempat hotel Kamu didirikan.
Sebagian wisatawan bersedia membayar dengan harga premium untuk mendapatkan pengalaman yang unik dan menarik (berhubungan dengan strategi pertama yang saya jelaskan di atas).
3. Aktif di media sosial
Media sosial merupakan alat pemasaran yang sangat efektif untuk bisnis perjalanan dan pariwisata.
Hubungan baik dengan tamu melalui media sosial dapat menambah loyalitas tamu untuk terus menginap di hotel Kamu. Media sosial yang saat ini masih menjadi alat paling efektif dan mudah untuk berkomunikasi dengan target pasar adalah Facebook.
Kamu bisa memberikan informasi berupa rekomendasi destinasi wisata yang dekat dengan lokasi hotel Kamu dan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di destinasi wisata tersebut.
4. Lakukan kerjasama dengan aggregator perjalanan wisata
Setiap tahunnya, semakin banyak wisatawan yang menggunakan jasa aggregator perjalanan wisata, seperti Traveloka, Wego dan Trivago. Biasanya wisatawan menggunakan jasa aggregator perjalanan wisata ini untuk melakukan pemesanan hotel, akomodasi bahkan paket wisata.
Karena berbagai kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan, wajar saja jika sekarang banyak orang lebih memilih untuk memesan berbagai kebutuhan perjalanan wisata (kamar hotel dan pesawat) melalui situs web dari dari aggregator perjalanan wisata tersebut.
Dengan aplikasi kasir Kamu bisa menambahkan daftar harga berbagai jenis kamar yang tersedia di Hotel Kamu ke dalam database mereka. Meskipun beberapa situs web jenis ini mengharuskan Kamu untuk membayar agar bisa masuk ke dalam listing situs mereka. Karena buying intens atau keinginan membeli dari orang yang mengunjungi situs web aplikasi kasir SID Hotel perjalanan wisata tersebut sangat besar dan hampir dipastikan akan membeli produk yang ditawarkan di situs web tersebut.
Silahkan coba demo aplikasi kasir SIDRetail Online maupun SIDRetail Platinum terlebih dahulu sebelum membeli. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin sidretail.id via phone atau Whats App: 082313084908 / 081234540765 atau via e-mail: admin@software-id.com. Layanan customer service Kami tersedia di via Phone/SMS/WA/Line: 082313084908 / 081234540765, Instagram: sidretail.id, dan Facebook: Sidretail ID, dan Twitter: sidretail_id.
Diposting pada tanggal: 12-7-2023