MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN

Dalam setiap perusahaan tentu ingin memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya. Namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap kepuasan yang bisnis Anda berikan. Apabila faktor-faktor tersebut dapat dipenuhi dengan baik, maka loyalitas pelanggan pun tercipta sehingga pendapatan bisnis pun meningkat.

Bahkan di tengah persaingan bisnis yang kian ketat, perusahaan Anda tetap mampu bertahan dan unggul karena pelanggan merasa mendapatkan pelayanan yang diinginkan. Lantas, bagaimana cara mengukur customer satisfaction (kepuasan pelanggan) untuk meningkatkan penjualan?

Dengan mengukur tingkat kepuasan pelanggan, Anda bisa menganalisa sekaligus menentukan langkah apa yang seharusnya diambil ke depan untuk mempertahankan atau mendapatkan pelanggan baru.
 

Maksimalkan Metode Keluhan dan Saran

Ketika pelanggan Anda memerikan saran maupun keluhan yang disampaikan secara langsung kepada Anda merupakan hal yang sangat berharga bagi perusahaan untuk mengetahui sejauh mana kepuasan telah diberikan.

Namun pada era digital sekarang Anda dapat menerima masukan dan saran dengan cepat melalui email maupun sosial media lainnya.

Informasi yang didapatkan melalui saran dan keluhan pelanggan bisa memberikan ide dan masukan bagi perusahaan untuk mengatasi masalah apa yang mereka hadapi. Terutama dengan pelanggan, apakah mengenai pelayanan ataukah produknya.
 

Menggunakan Jasa Ghost Shopping

Jasa ghost shopping adalah orang yang dipekerjakan untuk menjadi atau bersikap sebagai pembeli atau pelanggan. Dengan menyewa jasa ghost shopper merupakan salah satu cara untuk memperoleh gambaran mengenai kepuasan pelanggan.

Ghost shopper memiliki tugas untuk mengamati bagaimana cara perusahaan dan pesaing dalam melayani, menjawab, dan menanggapi setiap keluhan pelanggan. Setelah ghost shopper mendapatkan informasi, kemudian mereka memberikan laporan mengenai kelebihan dan kelemahan produk perusahaan dan pessaing berdasarkan pengalaman mereka membeli dan mengonsumsi produk tersebut.

Setelah itu perusahaan akan mengevaluasi semua temuan yang ada dan segera memperbaikinya. Namun biasanya peran ghost shopping ini dilakukan oleh manager perusahaan tanpa diketahui oleh karyawan lainnya, karakter pemimpin ini dijadikan alat manager untuk dapat mengamati sendiri bagaimana setiap karyawannya dalam menghadapi konsumen, sehingga manager juga dapat mengevaluasi kinerja para karyawannya. Karakter pemimpin seperti ini dapat Anda terapkan ketika Anda ingin mengamati setiap kinerja karyawan Anda.
 

Melakukan Survei Pelanggan

Yang paling banyak dilakukan oleh perusahaan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan adalah dengan melakukan survei mengenai kepuasan pelanggan. Sebagai pemimpin dalam usaha Anda, tentu Anda dapat mengambil alih dalam menanyakan sebuah pendapat terhadap pelanggan Anda. Namun ketika Anda melakukan sebuah survei mengenai pendapat pelanggan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut contoh kuesioner kepuasan pelanggan yang tepat :

  • Berikan pertanyaan singkat agar pelanggan tidak merasa bosan untuk mengisi survei.
  • Arahkan pertanyaan dengan jelas, bertujuan untuk memudahkan pelanggan menjawab survei Anda.
  • Gunakan media yang efektif dalam memberikan survei supaya lebih tepat sasaran dan tidak menciptakan biaya besar.

Setelah mengetahui pengertian, faktor, fungsi, dan indikator dari kepuasan pelanggan. Tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui segala hal mengenai kepuasan pelanggan Anda.

Sebab kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting dalam setiap bisnis. Apabila pelanggan puas, maka Anda tentunya akan memiliki pelanggan yang loyal dan terus membeli produk Anda. Dengan begitu penjualan produk akan terus meningkat dan keuntungan bisnis Anda akan semakin besar.

Setelah keuntungan yang Anda dapat semakin besar, penting bagi Anda untuk memerlukan sebuah software akuntansi yang dapat membantu Anda dalam menangani setiap keuntungan maupun kerugian yang Anda dapat pada bisnis Anda.

SIDRetail merupakan solusi bagi Anda untuk memiliki software kasir yang membantu pembukuan Anda. Bukan hanya membantu pembukuan Anda saja, SIDRetail dapat menyusun laporan keuangan, membuat invoice secara otomatis dan mengontrol produk bisnis Anda.

Anda bisa menggunakan aplikasi kasir dari SIDRetail untuk membantu mengelola keuangan bisnis Anda, dengan SID RETAIL Anda akan lebih mudah dalam mengatur keuangan apapun jenis usaha dan bisnis Anda karena selain bisa dilakukan secara offline aplikasi kasir SIDRetail bisa diakses secara online dari mana saja dan kapan saja. 

Demikianlah pembahasan mengenai mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Aplikasi kasir SIDRetail Online merupakan aplikasi kasir online yang memudahkan Kamu dalam mengelola keuangan bisnis. Dengan menggunakan SIDRetail Online, dapatkan kemudahan untuk mengetahui laporan keuangan bisinis Kamu dengan mudah tanpa membutuhkan banyak waktu. Selain itu, Aplikasi kasir SIDRetail Online juga dilengkapi berbagai fitur lainnya, seperti membuat laporan keuangan, laporan utang-piutang, mengelola stok barang dan aset perusahaan, dan masih banyak lagi.


 

Silahkan coba demo aplikasi kasir SIDRetail Online maupun SIDRetail Platinum terlebih dahulu sebelum membeli. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin sidretail.id via phone atau Whats App:  082313084908 / 081234540765 atau via e-mail: admin@software-id.com. Layanan customer service Kami tersedia di via Phone/SMS/WA/Line:  082313084908 / 081234540765, Instagram: sidretail.id, dan Facebook: Sidretail ID, dan Twitter: sidretail_id.

 

Diposting pada tanggal: 19-5-2023
Chat kami / Fast Respon