MENGHADAPI MANAJEMEN WAKTU YANG BURUK
Perusahaan kecil menghadapi banyak biaya tetap seperti sewa, asuransi, pajak, penggajian, anggaran pemasaran dan iklan, dan seterusnya. Namun, selain biaya tetap tersebut ada biaya lain yang dapat mengganggu kinerja dan keuangan perusahaan. Manajemen waktu yang buruk adalah biaya tersembunyi itu.
Bagaimana Para Pekerja Membuang Waktu?
Tahukah Kamu bahwa rata-rata karyawan menghabiskan 2,5 jam sehari untuk menjawab email? Dan angka itu bahkan tidak sepenuhnya berasal dari email klien. Karena kurangnya alat komunikasi yang tepat, karyawan membuang banyak waktu untuk menjawab komunikasi internal.
Kurangnya arah dan komunikasi juga dapat menghambat hasil positif dari setiap tugas dengan memaksa pekerja untuk meninjau pekerjaan mereka, menjadwal ulang tugas, dan umumnya berjuang untuk menyelesaikan pekerjaan mereka tepat waktu.
Penggunaan metode kerja yang tidak tepat maupun kurangnya penggunaan teknologi yang terlibat, juga mengakibatkan sebuah pekerjaan tidak dapat selesai tepat waktu dan mengganggu efisiensi perusahaan.
Pengaruh Buruknya Manajemen Waktu Dalam Bisnis
Ketika manajemen waktu tidak aktif, itu dapat mempengaruhi beberapa aspek penting dari kehidupan bisnis seperti:
Salah Perkiraan
Ketika Kamu memiliki manajemen waktu yang buruk dan cenderung bekerja sepanjang waktu tanpa tahu berapa waktu yang dihabiskan, lebih sulit untuk memperkirakan proyek.
Penundaan
Ketika Kamu tidak mengelola waktu dengan baik, risikonya sudah habis. Terutama ketika bekerja dengan tenggat waktu yang ketat, penundaan kecil dapat menumpuk dan memicu efek rantai negatif pada yang lain.
Tenggat waktu yang terlewatkan akan, dalam jangka panjang, merusak reputasi bisnis, dan karena bisnis kecil bergantung pada kata dari mulut ke mulut, ulasan buruk dari klien ini membuat prospek lari.
Biaya over budget
Ketika penggunaan waktu secara efisien sudah tidak aktif, maka banyak proyek yang tidak selesai secara tepat waktu dan memerlukan waktu ekstra. Pekerjaan ekstra, tentu saja, memiliki tambahan biaya. Pembengkakan biaya dapat merugikan bisnis dalam jangka panjang.
Beban kerja berat dan stres
Stres kerja melonjak di seluruh dunia, dengan jumlah karyawan yang luar biasa menderita karena kelelahan. Sehingga perusahaan harus memiliki anggaran tambahan untuk mendukung tagihan medis pekerja mereka.
Terlebih lagi, kejenuhan tidak hanya mempengaruhi karyawan tetapi juga manajer, dengan konsekuensi pada perusahaan secara keseluruhan.
Solusi Menghemat Waktu
Ironisnya banyak bisnis kecil mengklaim mereka tidak punya waktu untuk berpikir tentang manajemen waktu. Namun, beberapa perubahan kecil yang dikombinasikan dengan alat yang tepat dapat memiliki perbedaan besar dalam membantu perusahaan Kamu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya:
Ubah pola pikir
Berfokuslah untuk menjadi produktif bukannya sibuk. Ajarkan tim Kamu (dan diri Kamu sendiri) untuk menilai kualitas pekerjaan, bukan kuantitas atau jumlah jam kerja. Dengan prioritas yang jelas, Kamu akan dapat menyelesaikan tugas yang benar-benar penting dan yang berdampak lebih besar pada keberhasilan pekerjaan Kamu.
Hargai transparansi dan komunikasi
Tumbuhkan budaya transparansi dan kerja sama untuk menghindari biaya dan kesalahan yang muncul pada menit terakhir.
Pertama, berbicaralah dengan klien Kamu dan beri tahu mereka dengan tepat apa yang termasuk dalam kontrak mereka, dan apa yang tidak. Perbarui secara teratur dan buat tenggat waktu yang jelas dan dibagikan untuk menghindari kejutan dan kesalahpahaman yang buruk.
Kedua, pastikan tim Kamu tidak perlu mengejar manajer untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Buat arsip yang mudah diakses, menggunakan alat seperti Dropbox. Jangan lupa untuk menjadi jelas tentang sasaran dan harapan untuk proyek tersebut. Jika waktu memang uang, pastikan staf Kamu menempatkan jam kerja mereka dengan baik
Masukkan teknologi untuk efisiensi waktu yang baik
Buat sistem yang membuat semua orang produktif dengan menggunakan alat yang tepat. Teknologi dapat membantu ketika kita tidak dapat mengatur waktu sendiri.
Sebagai gambaran, penggunaan aplikasi kasir dari SIDRetail.id adalah solusi termudah untuk efisiensi keuangan perusahaan Kamu. Di mana, Kamu dapat melakukan kontrol terhadap berbagai unit keuangan melalui aplikasi kasir saja, tanpa harus membuka banyak laporan keuangan.
Salah satu aplikasi kasir yang dapat membantu Kamu melakukan pengelolaan keuangan adalah aplikasi kasir dari SIDRetail memberikan kemudahan dalam melakukan pembukuan secara akurat dan tepat. Tidak ada lagi kesalahan dalam penghitungan keuangan bisnis yang dapat merugikan perusahaan, karena hilangnya uang yang tidak terinput secara benar. Selain itu, memiliki banyak fitur didalamnya seperti:
- Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
- Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
- Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
- Manajemen Stok
Demikianlah pembahasan mengenai menghadapi manajemen waktu yang buruk. SIDRetail Online merupakan aplikasi kasir online yang memudahkan Kamu dalam mengelola keuangan bisnis. Dengan menggunakan SIDRetail Online, dapatkan kemudahan untuk mengetahui laporan keuangan bisinis Kamu dengan mudah tanpa membutuhkan banyak waktu. Selain itu, Aplikasi kasir SIDRetail Online juga dilengkapi berbagai fitur lainnya, seperti membuat laporan keuangan, laporan utang-piutang, mengelola stok barang dan aset perusahaan, dan masih banyak lagi.
Silahkan coba demo aplikasi kasir SIDRetail Online maupun SIDRetail Platinum terlebih dahulu sebelum membeli. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin sidretail.id via phone atau Whats App: 082313084908 / 081234540765 atau via e-mail: admin@software-id.com. Layanan customer service Kami tersedia di via Phone/SMS/WA/Line: 082313084908 / 081234540765, Instagram: sidretail.id, dan Facebook: Sidretail ID, dan Twitter: sidretail_id.
Diposting pada tanggal: 21-6-2023