MEMPERTAHANKAN PELANGGAN DALAM BISNIS

Dalam sebuah bisnis, pelanggan adalah bagian terpenting yang merupakan kunci bisnis Kamu tetap berjalan dan memberikan keuntungan. Tidak ada bisnis yang akan terus berjalan tanpa adanya peran seorang pelanggan,  dan tidaklah mudah bagi seorang pengusaha untuk menemukan cara agar pelanggan tetap kembali untuk mendapatkan produk atau pelayanan yang kamu sediakan.

Berikut beberapa cara untuk mempertahankan pelanggan pada usaha kamu seperti mempelajari cara menyesuaikan keinginan dan kebutuhan para pelanggan, cara melayani pelanggan, dan cara untuk pelanggan tetap kembali kepada Kamu.

 

Berikut Cara Mempertahankan Pelanggan Dalam Sebuah Bisnis

1. Survei Keinginan Para Pelanggan
Jika kamu ingin pelanggan untuk tetap kembali membeli produk pada usaha kamu, kamu harus bisa mengerti tentang produk apa saja yang di butuhkan oleh pelanggan dan kamu juga harus mengerti tentang produk apa yang kamu tawarkan kepada mereka. Mungkin produk yang kamu tawarkan sama dengan penjual-penjual yang lainya namun ada alasan paa pelanggan memilih produk yang kamu sediakan daripada produk yang serupa yang ditawarkan oleh orang lain. Pada umumnya, pelanggan kembali karena beberapa alsan yaitu,anggapan kamu memberikan penawaran khusus berbeda dengan orang lain,anggapan produk yang kamu berikan tidak di temukan di tempat lain, anggapan bahwa kamu memuaskan pelangan dengan produk atau pelayanan yang kamu berikan.

 

2. Pahami tentang Produk yang Ditawarkan
Untuk mempelajari dan menganalisis diri kamu sendiri sebagai pemilik usaha dengan pola pkamung pelanggan tidaklah mudah. Sebagai seorang pengusaha harus memiliki sikap kejujuran yang tinggi dan kerendahan hati untuk mengevaluasi diri sendiri. Beberapa jenis usaha mungkin banyak yang berjalan kurang baik karena tidak mengerti akan dirinya sendiri dan produk yang di tawarkan. Jika kamu menjalankan sebuah usaha yang sudah banyak dijalankan oleh orang lain, maka kamu harus menganggapnya sebagai sebuah tantangan yang harus kamu atasi dengan strategi bisnis yang kamu kuasai agar usaha kamu dapat berjalan dengan lancar. Ciptakan produk-produk baru yang kira-kira banyak diminati oleh para pelanggan dan untuk memasarkan produk yang telah kamu ciptakan sebelumnya dengan strategi pemasaran tertentu yang kamu kuasai.

 

3. Jaga Kualitas dan Pelayanan
Kebanyakan orang hanya mencoba sesuatu sekali saja. Namun, jika produk atau pelayanan yang kamu berikan benar-benar baik, maka pelanggan akan kembali lagi. Pelanggan akan tetap setia berlangganan dengan kamu jika produk yang kamu tawarkan memiliki kualitas yang baik. Kualitas produk sangatlah penting dibandingkan dengan hal-hal yang lain yang terdapat pada usaha kamu. Sebenarnya sederhana, kamu harus membuat pelanggan yakin dan menyukai akan kualitas produk yang kamu tawarkan, jika tidak, maka pelanggan tidak akan membeli produk tersebut lagi entah seberapa menariknya pelayanan kamu, semurah apaun harganya dan sebersih apapun toko kamu. Tetap utamakan standar kualitas pelayan dan produk kamu.

 

4. Saring Opini dan Saran dari Pelanggan
Untuk sebuah usaha yang sedang berkembang, sangatlah penting untuk mencari tahu tentang apa yang disukai dan tidak disukai oleh pelanggan pada produk-produk yang kamu tawarkan. Kamu bisa menyediakan kotak saran atau via email untuk pelanggan sebagai bahan masukan pada usaha kamu supaya usaha kamu kedepanya lebih baik lagi dan berkembang. Catatlah masukan-masukan dari pelanggan agar kamu dapat menciptakan solusi yang akurat untuk memperbaiki kualitas usaha kamu dan membuat pelanggan puas akan pelayan dan produk yang kamu tawarkan pada mereka.

 

5. Sesuaikan dengan Kebutuhan Pasar
Sebuah usaha yang berjalan dengan lancar pasti mengerti dan memenuhi kebutuhan konsumen. Tidak ada aturan untuk mempertahankan pelanggan, semuanya tergantung pada jenis usaha kamu. Jika usaha kamu menawarkan produk yang menarik dan cukup umum, maka kemampuan kamu untuk memasarkan dan pelayanan kamu terhadap pelanggan akan menjadi hal-hal paling penting dalam mempertahankan pelanggan kamu.
Mungkin cukup sekian tutorial dari kami dan masih ada banyak lagi yang lainya, semoga tutorial di atas bermanfaat untuk usaha yang kamu kembangkan.


 


Sekian penjelasan dari Kami mengenai mempertahankan pelanggan dalam bisnis. Silakan coba demo aplikasi kasir terbaik dalam setiap transaksi penjualan Kamu. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin sidretail.id via Phone / SMS / WA / Line: 0821 3303 8180 & 0818 0261 3019.

Chat kami / Fast Respon