KESALAHAN YANG SERING TERJADI DALAM PENGELOLAAN MODAL
Untuk dapat mengembangkan usaha dan tetap bertahan di antara persaingan pasar, dibutuhkan pengelolaan modal yang tepat. Ketika memulai usaha, ada banyak sekali hal penting yang perlu Kamu perhatikan. Salah satunya adalah cara Kamu dalam melakukan pengelolaan modal usaha.
Pasalnya, terdapat sejumlah keputusan dalam pengelolaan modal yang kalau dibiarkan begitu saja dapat berdampak fatal. Dalam beberapa kasus, kesalahan ini seringkali dianggap lumrah dan sama sekali tidak terduga. Berikut ulasan dari kesalahan pengelolaan modal yang seringkali terjadi.
Mempekerjakan terlalu banyak orang
Kesalahan pertama yang umum terjadi dalam pengelolaan modal adalah mengalokasikan dana untuk mempekerjakan orang-orang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.
Ketika Kamu merasakan pekerjaan yang bertambah banyak, mungkin Kamu akan tergoda untuk mempekerjakan lebih banyak orang untuk membantu. Namun, hal itu sebaiknya hanya dilakukan ketika orang-orang dalam usaha Kamu telah bekerja dengan 100% efisiensi.
Sebagai contoh, bila Kamu menjalankan usaha kuliner dan memiliki dua orang pegawai. Pegawai pertama berperan sebagai kasir dan kebersihan, sementara pegawai kedua sebagai koki dan pramusaji.
Kamu perlu mempertimbangkan sejumlah faktor sebelum mempekerjakan pegawai baru. Apakah kedua pegawai sudah bekerja dengan 100% efisiensi? Apakah ada cukup banyak pelanggan dan dana untuk perlengkapan baru demi menunjung efisiensi kerja?
Bila Kamu masih dapat menjalankan bisnis dengan jumlah karyawan yang minimal, sebaiknya tahan proses perekrutan. Kecuali, Kamu dapat menciptakan terobosan yang jelas dengan menambah karyawan Kamu.
Tidak mengembangkan potensi karyawan
Bila Kamu memiliki pegawai-pegawai yang sudah sesuai dengan budaya kerja dalam bisnis Kamu, sebaiknya Kamu memikirkan perkembangan pegawai tersebut. Tentunya hal ini amat relevan bila bisnis Kamu tengah berkembang dan menjadi lebih besar. Dengan memberikan akses pelatihan pada para pegawai ini, Kamu tidak akan kerepotan dengan pergerakan dinamis bisnis.
Bayangkan bila Kamu memiliki kedai kopi dan Kamu melihat kesempatan untuk menjual alat pembuat kopi. Dalam kasus ini, Kamu dapat mempercayakan pegawai yang sering mengoperasikan alat pembuat kopi dan memberikannya pelatihan terkait untuk tugas baru ini.
Karena pegawai tersebut telah mengerti berbagai komponen, performa, dan cara kerja alat pembuat kopi, ia hanya perlu mempelajari teknik sales untuk dapat menjadi agen penjual yang baik. Hal tersebut dapat menjadi alternatif yang lebih hemat ketimbang mempekerjakan seorang agen sales baru. Sebuah modal yang relatif kecil untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dinamis pasar.
Menggunakan uang perusahaan untuk keperluan pribadi
Ketika usaha Kamu membuahkan hasil, godaan untuk menghabiskan keuntungan tersebut demi kepentingan pribadi pasti muncul. Bagaimanapun juga, apa salahnya mentraktir diri Kamu sendiri? Bukankah ini saatnya yang tepat untuk merayakan hasil usaha Kamu?
Perlu Kamu ingat bahwa bisnis yang sukses juga membutuhkan komitmen dari pemiliknya. Keuntungan dari bisnis akan jauh lebih bermanfaat bila digunakan untuk perkembangan atau setidaknya mengamankan posisi usaha.
Dalam hal ini, ada baiknya Kamu memperhitungkan berapa banyak pengeluaran pribadi Kamu selama satu bulan. Angka tersebut tentunya harus realistis dan berada dalam patokan yang wajar. Bila Kamu sudah berkomitmen dalam bisnis, pendapatan di luar angka tersebut harus dialokasikan untuk usaha Kamu.
Tidak memiliki kas yang cukup
Salah satu kesalahan yang seringkali terjadi dengan usaha baru adalah meremehkan pengeluaran perusahaan dan terlalu berharap pada penghasilan usaha. Seringkali ada pengeluaran-pengeluaran operasional yang tidak dipertimbangkan dalam tahap perencanaan. Di lain sisi, pendapatan usaha dapat lebih kecil dari perkiraan dan bahkan tersendat.
Pembayaran tertunda dari klien bukanlah hal yang langka. Bila Kamu menumpukan pembayaran klien untuk kas operasional usaha, Kamu bisa dengan mudah mendapatkan masalah. Taktik pengelolaan modal yang baik adalah mengalokasikan sejumlah modal untuk kas perusahaan.
Tidak melakukan pembukuan secara detail
Ada banyak alasan kenapa seorang pengusaha tidak melakukan laporan pembukuan dalam berusaha. Ia mungkin saja berpikir bahwa ia cukup melihat saldo bank setiap awal bulan untuk menentukan kesuksesan. Ia mungkin berpikir bahwa melihat sejarah transaksi bank saja sudah cukup.
Bila Kamu termasuk golongan yang melakukan pembukuan keuangan perusahaan, apa Kamu yakin telah melakukan proses pembukuan yang lengkap? Apa Kamu sempat membeli sesuatu untuk kebutuhan rekreasi pegawai, tapi tidak mencatatnya karena Kamu menggunakan uang pribadi? Apa Kamu sudah mencatat setiap pemasukan secara kronologis, baik tanggal penagihan dan tanggal pembayaran dari klien?
Bila Kamu belum mencatat pengeluaran dan pemasukan usaha Kamu secara mendetail, Kamu harus memulainya secepat mungkin. Ada banyak alasan untuk hal tersebut, tapi secara mendasar, akuntansi adalah patokan terbaik dalam membuat keputusan finansial perusahaan.
Ada cukup banyak kesalahan pengelolaan modal. Untungnya, secara garis besar, kesalahan-kesalahan tersebut dapat dihindari dengan menggunakan pembukuan usaha sebagai acuan. Adapun dalam hal menunjang kegiatan dalam setiap usaha bisnis baik dikelola secara konvensional maupun profesional sebaiknya Kamu bisa menggunakan aplikasi pembukuan seperti aplikasi kasir dari SIDRetail
Untuk memudahkan Kamu dalam melakukan pengelolaan modal secara efektif dan efisien, Kamu dapat menggunakan bantuan aplikasi kasir retail seperti aplikasi kasir dari SIDRetail.
Aplikasi kasir dari SIDRetail memberikan kemudahan dalam melakukan pembukuan secara akurat dan tepat. Tidak ada lagi kesalahan dalam penghitungan keuangan bisnis yang dapat merugikan perusahaan, karena hilangnya uang yang tidak terinput secara benar.
Gunakan aplikasi kasir dari SIDRetail untuk membantu mengelola keuangan bisnis Kamu. Dengan SIDRetail Kamu akan lebih mudah dalam mengatur keuangan apapun jenis usaha dan bisnis Kamu, karena lebih user friendly dan bisa diakses di mana saja. Dengan menggunakan aplikasi kasir Kamu akan mendapatkan fitur-fitur terbaru yang mendukung usaha bisnis Kamu.
Demikianlah pembahasan mengenai kesalahan yang sering terjadi dalam pengelolaan modal. SIDRetail Online merupakan aplikasi kasir online yang memudahkan Kamu dalam mengelola keuangan bisnis. Dengan menggunakan SIDRetail Online, dapatkan kemudahan untuk mengetahui laporan keuangan bisinis Kamu dengan mudah tanpa membutuhkan banyak waktu. Selain itu, Aplikasi kasir SIDRetail Online juga dilengkapi berbagai fitur lainnya, seperti membuat laporan keuangan, laporan utang-piutang, mengelola stok barang dan aset perusahaan, dan masih banyak lagi.
Silahkan coba demo aplikasi kasir SIDRetail Online maupun SIDRetail Platinum terlebih dahulu sebelum membeli. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin sidretail.id via phone atau Whats App: 082313084908 / 081234540765 atau via e-mail: admin@software-id.com. Layanan customer service Kami tersedia di via Phone/SMS/WA/Line: 082313084908 / 081234540765, Instagram: sidretail.id, dan Facebook: Sidretail ID, dan Twitter: sidretail_id.
Diposting pada tanggal: 13-6-202