HAL YANG MENYEBABKAN
BISNIS MINIMARKET KAMU TIDAK MAKSIMAL
Tidak terdapat format dasar dalam upaya pengembangan suatu usaha atau bisnis. Dalam hal ini, segala bentuk yang menjadi kendala bagi pengembangan suatu bisnis tentu harus dibenahi. Untuk itu, perlu dilakukan perbaikan untuk kemajuan bisnis minimarket Kamu.
Berikut tips untuk mengelolanya:
Pada tahap awal, identifikasi semua hal yang dianggap sebagai titik masalah mulai dari pembelian barang, penempatan stok, pencatatan gudang kemudian mekanisme keluar dan masuknya barang hingga berakhir ke dalam transaksi penjualan. Buat catatan atas masalah yang timbul, kemudian identifikasi masalah sampai menemukan informasi mengenai hal tersebut.
- Penumpukan Barang
karena lokasi penampung sempit, sementara item barang terlalu banyak. Bisa jadi stok barang banyak yang menumpuk karena tidak diprioritaskan barang yang masuk dan barang yang keluar,sehingga terjadi penumpukan barang dan bahkan kerusakan barang.
- Catatan Penjualan Berantakan
Catatan Penjualan yang berantakan karena tidak dilakukan pencatan secara berkala dan transaksi penjualan tidak disusun secara runtut pada setiap harinya. Jika di kelola dengan baik tentunya tidak akan terjadi hal yang tidak di inginkan misalnya kehilangan laba dll.
Setelah dapat mengumpulkan hal-hal yang menjadi problem tersebut, susunkan pula mekanisme alur prosedur dalam setiap bagian tersebut. Misalkan dibuatkan catatan tertulis sebagai bentuk pembukuan stok yang mencatat data barang yang masuk dan keluar, buat pula urutan penanggung jawab atas penerimaan dan pengeluaran barang, sehingga jelas pertanggung jawabanya.
- Buat Laporan tentang Tugas Keuangan
Buat laporan siapa yang melakukan pelayanan dan penerimaan uang, bentuk dan penyusunanya biasanya di awal hari atau akhir hari. Dalam hal ini awal hari saat buka toko sudah ada uang di cadangan kas operasional harian, sedangkan di akhir hari ada rekap hasil penjualan serta pengecekan uang sehingga tidak terjadi selisih dengan pencatatan penjualan.
Jika penjualan terdapat sistem pembayaran non tunai berjangka waktu atau tempo maka perlu dibuatkan catatan piutang sehingga memudahkan proses penagihan di kemudian hari. Akan lebih mudah lagi jika menggunakan sebuah aplikasi kasir yaitu untuk sistem aplikasi penjualan yang mencatat segala barang masuk dan keluar yang ada di minimarket Kamu, semua proses penjualan dan transaksi Kamu akan lebih mudah, bisa juga digunakan sebagai pemantau stok barang sehingga tidak akan terjadi penumpukan stok atau kekurangan stok.
Sekian penjelasan dari Kami mengenai hal yang menyebabkan bisnis minimarket Kamu tidak maksimal. Silakan coba demo aplikasi kasir terbaik dalam setiap transaksi penjualan Kamu. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin sidretail.id via Phone / SMS / WA / Line: 0821 3303 8180 & 0818 0261 3019.