EFEK PANDEMI BAGI USAHA RETAIL

Bisnis retail, merupakan bisnis yang paling berdampak akibat pandemi Covid-19. Banyak dari para pemain nasional yang menorehkan penyusutan kinerja di sepanjang tahun 2020. Termasuk di dalamnya para pemain ritel lokal yang cakupan gerainya masih di beberapa daerah saja. Bahkan tak sedikit dari peritel modern lokal yang terpaksa menutup sebagian bahkan seluruh gerainya dikarenakan kondisi ekonomi yang tidak mendukung. 

Ada dua faktor yang menyebabkan penutupan satu atau lebih gerai sebuah toko ritel, khususnya minimarket. 

  • Pertama, adanya kenaikan harga sewa tempat atau toko yang tidak sebanding dengan pendapatan sehingga membuat pengeluaran membengkak. "Jika ini terjadi, perusahaan biasanya akan merelokasi gerainya ke tempat yang sewanya lebih rendah. 
  • Kedua, kenaikan biaya operasional yang tidak sebanding dengan pendapatan gerai atau toko. Jika kondisi tersebut terjadi, langkah terakhir yang bisa dilakukan oleh pengelola adalah menutup atau merelokasi gerainya ke tempat yang lebih menguntungkan yang masih berada di wilayah yang sama.

Pada dasarnya industri ritel modern adalah sebuah bisnis pelayanan. Maka dari itu, salah satu cara peritel modern untuk dapat terus bertahan di lini bisnis ini adalah dengan memberikan servis terbaik kepada para pelanggannya. Bisnis ritel sebanrnya adalah bisnis pelayanan, siapa yg mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan, itu yang akan bertahan. (disadur dari kontan.co.id)

 

Antisipasi Efek Pandemi Bagi Usaha Minimarket

Nah oleh sebab itu, Bagi Kamu yang memiliki usaha retail berikanlah sebuah pelayanan terbaik yang bisa Kamu lakukan, seperti berikut Kami berikan beberapa solusi yang mungkin bisa Kamu berikan kepada pelanggan:

1. Diskon

Sebagian besar konsumen biasanya akan memutuskan untuk membeli ketika melihat label potongan harga tertera di produk Anda. Jenis-jenis diskon yang bisa diterapkan cukup banyak. Bisa dalam bentu potongan harga, mendapatkan produk gratis untuk pembelian dalam jumlah tertentu, diskon khusus untuk profesi tertentu, diskon melalui kode voucher, diskon ongkos kirim dan lain sebagainya.

Namun dalam penerapan diskon tidak boleh gegabah. Sesuaikan dengan jenis produk, keuntungan yang ingin dicapai dan kemampuan modal Anda. Jangan sampai diskon ini yang justru menyebabkan kerugian pada bisnis Anda.

 

2. Menggunakan Media Sosial

Unggahan Anda tentang produk dan promosi di media sosial dapat diakses oleh ribuan orang, baik lokal hingga internasional. Media sosial menjadi salah satu media paling efektif untuk melakukan promosi karena hampir semua orang menggunakan akun media sosial di kehidupan sehari-hari.  Kelebihan lainnya adalah dengan media sosial, promosi usaha dilakukan tanpa modal atau dengan modal yang minimal.

Jangkauan yang luas ini bisa dilakukan dengan biaya yang tidak terlalu tinggi karna pemakaian media sosial memang tidak dipungut biaya.

 

3. Memanfaatkan Momentum

Manfaatkan momen-momen seperti perayaan hari raya idul fitri, natal, hari sumpah pemuda, hari ulang tahun dan lain sebagainya. Berikan penawaran terbaik atau harga terbaik ketika hari-hari seperti ini datang. Atau bisa juga dengan mengonsep produk Anda sesuai dengan momen yang sedang dirayakan. Pada hari-hari besar seperti ini, orang-orang biasanya berbondong-bondong mencari barang yang akan menggambarkan momen yang mereka rayakan. Momen inilah yang menjadi kesempatan emas untuk mempromosikan produk Anda.

Mereka bisa saja berbelanja dengan jumlah yang sangat banyak, jadi tidak terlalu merugikan jika Anda memberikan harga yang lebih miring. Ini justru akan lebih menarik minat konsumen untuk membeli di tempat Anda daripada ke tempat lain dengan produk yang sama.

 

4. Membuka Kesempatan Menjadi Reseller dan Dropshipper

Para reseller dan dropshipper dapat menjadi pihak-pihak yang ampuh dalam mempromosikan brand Anda. Keduanya akan menjadi perpanjangan tangan yang membuat Anda menjual produk lebih cepat. Dengan adanya reseller dan dropshipper, Anda pun dapat mempromosikan usaha dan menjual produk bahkan ke daerah yang belum pernah dijangkau sebelumnya. Namun untuk reseller dan dropshipper akan ada harga khusus yang tentunya lebih rendah.

 

Satu lagi hal yang penting untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan Kamu yaitu untuk meningkatkan Untuk lebih mempermudah dalam mengelola bisnis retail Kamu harus menggunakan sistem komputerisasi atau gunakan seperti aplikasi kasir, atau software minimarket. Dengan adanya perangkat lunak tersebut akan sangat memudahkan pemilik toko untuk mengontrol pembukuan. Karena semuanya bisa dilakukan secara otomatis dan tidak perlu lagi memakai cara manual dalam proses pembukuan. 

 


Sekian penjelasan mengenai efek pandemi bagi usaha retail. Silahkan coba demo aplikasi kasir SIDRETAIL Online maupun SIDRETAIL Platinum terlebih dahulu sebelum membeli. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin sidretail.id via phone atau Whats App: 082313084908 & 081234540765 atau via e-mail: admin@software-id.com. Layanan customer service Kami tersedia di via Phone/SMS/WA/Line: 082133038180 & 081234540765, Instagram: sidretail.id, dan Facebook: Sidretail ID, dan Twitter: sidretail_id

Chat kami / Fast Respon