CARA MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN

Kepuasan konsumen merupakan KPI (Key Performance Indicator) dalam berhasilnya pemasaran suatu produk atau jasa. Memperhatikan serta meningkatkan level kepuasan pelanggan juga sangat berguna dalam menghadapi persaingan yang ada. Oleh karena itu, kamu harus mempertahankan bahkan meningkatkan level kepuasan pelanggan agar bisnis terus berkembang.

Indikator kepuasan pelanggan berhubungan erat dengan teori kepuasan pelanggan. Indikator kepuasan pelanggan atau indikator kepuasan konsumen adalah level kepuasan konsumen setelah membandingkan jasa atau produk yang diterima sesuai dengan apa yang diharapkan. Biasanya, pelanggan yang puas dengan nilai yang diberikan oleh suatu produk atau jasa akan menjadi pelanggan setia dalam waktu yang lama.

Metode Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan

Terdapat beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan, antara lain :

1. Metode Survei Kepuasan Pelanggan

Melakukan survey kepuasan pelanggan. Kamu bisa membuat survey kepada para pelanggan dengan mencantumkan pertanyaan-pertanyaan seputar kualitas produk dan layanan kamu. Untuk memotivasi pelanggan dalam mengisi survey, kamu bisa memberikan reward kecil misalnya alat tulis, souvenir, voucher belanja dan lain sebagainya.

2. Metode Keluhan dan Saran

Adapaun metode ini adalah untuk menampung semua keluhan dan saran dari pelanggan kamu. Cara yang bisa digunakan antara lain melalui  kotak saran, media sosial perusahaan atau melalui customer service yang disediakan. Tampunglah keluhan dan saran pelanggan kamu, lalu lakukan evaluasi terhadap hal itu. Gunakan kritik dan masukan yang diterima untuk membuat produk atau layanan perusahaan kamu menjadi lebih baik.

3. Metode Analisis Mantan Pelanggan

Kehilangan pelanggan memang sesuatu yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu, metode lainnya adalah dengan melibatkan mantan pelanggan kamu. Cobalah lakukan komunikasi dengan mereka baik melalui telepon, aplikasi percakapan atau email mengapa mereka beralih ke produk pesaing. Tanyakan apa yang menjadi penyebab mereka tidak mau membeli produk kamu lagi.

Jawaban dan masukan dari mantan pelanggan kamu bisa digunakan untuk mengambil kesimpulan mengapa mereka tidak puas terhadap produk atau layanan yang kamu berikan. Kemudian dengan data tersebut, kamu harus melakukan evaluasi apa yang harus diperbaiki dan inovasi apa yang harus dilakukan agar kepuasan pelanggan kamu semakin meningkat.

Sekian penjelasan mengenai cara mengukur tingkat kepuasan pelanggan kamu dari Kami. Semoga artikel ini dapat membantu Kamu dalam melakukan evaluasi apa yang harus diperbaiki dan inovasi apa yang harus dilakukan agar kepuasan pelanggan Kamu semakin meningkat.

Gunakan aplikasi kasir SIDRetail AE ini untuk membantu mengelola keuangan bisnis Kamu. Dengan SIDRetail Kamu akan lebih mudah dalam mengatur keuangan apaun jenis usaha dan bisnis Kamu, karena lebih user friendly dan bisa diakses di mana saja. Dengan menggunakan aplikasi kasir Kamu akan mendapatkan fitur-fitur terbaru yan mendukung usaha bisnis Kamu.

 

Diposting pada tanggal: 12-5-2024