CARA MEMBUAT PELANGGAN MENJADI SETIA TERHADAP BISNIS KAMU

Kepuasan pelanggan sangat berpengaruh terhadap berlangsungnya sebuah bisnis, baik perdagangan barang maupun jasa. Banyak perusahaan berlomba-lomba mempertahankan loyalitas dan kepuasan pelanggan untuk memperluas jaringan bisnis. Kepuasan pelanggan tidak dapat tercipta dengan mudah karena membutuhkan proses yang cukup panjang.

Namun, selain proses yang panjang, loyalitas dan kepuasan pelanggan juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain pelayanan, kualitas produk, maupun harga. Untuk menjaga sebuah loyalitas, kamu sebagai pengusaha sebaiknya mengetahui dan mengusahakan beberapa cara di bawah ini.

Kemudahan Bertransaksi

Sekarang ini banyak sekali perusahaan yang bersaing memperebutkan hati seorang konsumen dengan cara mempromosikan produk dalam berbagai cara. Untuk mempertahankan loyalitas dan kepuasan pelanggan tersebut, kamu perlu memperhatikan bagaimana cara bertransaksi di toko yang kamu miliki.

Buatlah sistem transaksi semudah mungkin dan sesederhana mungkin agar pelanggan merasa nyaman. Sediakan berbagai alat pembayaran yang bisa diterima, dan buatlah loket pembayaran dalam jumlah yang cukup agar pembeli tidak perlu mengantri lama. Dengan adanya kemudahan bertransaksi, konsumen akan merasa nyaman berbelanja di toko maupun bisnis kamu sehingga mereka akan datang kembali untuk melakukan pembelian di lain waktu.

Penawaran Menarik

Penawaran yang menarik juga diperlukan untuk mempertahankan seorang pelanggan setia. Cobalah untuk menawarkan produk yang menarik atau limited edition pada pelanggan terlebih dahulu baru kemudian ditawarkan pada konsumen umum. Pelanggan yang mendapatkan penawaran menarik tersebut akan merasa lebih dipentingkan sehingga mereka juga akan lebih mementingkan perusahaan kamu.

Follow Up Setelah Penjualan

Setelah kamu melakukan penjualan pada seorang konsumen, jangan berhenti berhubungan dengan orang tersebut, apalagi jika bisnis tersebut adalah bisnsi online. Kamu tetap harus berkomunikasi dengan konsumen dan menanyakan bagaimana dengan produk yang ia beli. Apakah cocok dengannya atau tidak, adakah kritik untuk menciptakan produk baru yang lebih baik lagi.

Jika produk yang kamu jual merupakan barang habis pakai, kamu juga bisa menanyakan apakah produk sudah habis atau hampir habis. Perkirakan seberapa lama produk bisa bertahan kemudian tanyakan kapan akan melakukan order berikutnya. Dengan cara ini loyalitas dan kepuasan pelanggan akan tetap terjaga dan kamu tidak akan kehilangan konsumen.

Keuntungan Timbal Balik

Melakukan penjualan tidak semata-mata mencari untung untuk perusahaan saja, tetapi juga harus memberikan keuntungan bagi konsumen yang membelinya. Jika kedua belah pihak merasakan keuntungan, kemungkinan seorang konsumen untuk meninggalkan usaha kamu juga lebih sedikit. Baik pembeli maupun penjual merasa saling membutuhkan dan akan setia satu sama lain.

Perhatian yang Baik

Banyak sekali perusahaan yang hanya mementingkan penawaran produk tanpa memperhatikan bagaimana keinginan dan kebutuhan pelanggan. Jika kamu ingin mendapatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan, sebaiknya kamu juga memberikan perhatian yang baik kepada semua konsumen.

Tanyakan pada mereka produk apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Diawali dengan pertanyaan tersebut, kamu akan mendapatkan berbagai informasi penting untuk mendapatkan hati konsumen. Setelah itu mereka akan mudah dipengaruhi untuk menggunakan produk yang kamu jual.

Cari Tahu Kebutuhan Pelanggan

Jika ingin membuat pelanggan loyal dan mempertahankan mereka jangka panjang, hal pertama yang harus kamu lakukan sebagai pengusaha adalah mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan pelanggan. Apakah kualitas yang terbaik, bermacam jenis dan warna, kegunaan yang mudah, pelayanan yang maksimal, atau lain sebagainya?

Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan mereka, kamu dapat menanyakan langsung kepada pelanggan dengan suasana santai. Cobalah untuk dengarkan cerita mereka mengenai produk kamu beserta keinginan mereka dari bisnis kamu.

Jika hal ini tidak memungkinkan, kamu juga bisa menjaga hubungan baik dan menanyakan langsung melalui telepon, email, chatting, dan media lainnya. Usahakan untuk terus mendengarkan cerita mereka hingga selesai, dan hindari untuk memotong pembicaraan.

Berikan Bonus ke Pelanggan

Siapa yang tidak senang diberikan bonus? Umumnya pelanggan Indonesia sangat tertarik dengan bonus. Kamu bisa memberikan bonus kepada pelanggan dengan berbagai syarat, mulai dari beli 10 kali gratis 1 kali. Atau kamu bisa memberikan bonus berupa barang yang menarik bagi pelanggan, jika pelanggan kamu adalah anak kecil, kamu bisa memberikan mereka bonus mainan, atau jika pelanggan kamu adalah ibu-ibu, kamu bisa memberikan bonus piring, panci, dan sebagainya. Dengan memberikan bonus kepada pelanggan, kamu akan lebih mudah membuat mereka lebih loyal.

Berikan Jaminan Garansi

Setiap konsumen pasti membutuhkan garansi sebagai jaminan. Apalagi jika yang mereka beli adalah produk dengan harga yang cukup tinggi. Dengan memberikan garansi, pelanggan kamu akan lebih mudah percaya terhadap kualitas produk yang kamu tawarkan.

Kamu bisa memberikan garansi dengan waktu yang sesuai berdasarkan produk yang dijual. Jika yang kamu jual adalah produk elektronik baru, minimal garansi yang kamu berikan adalah 1 tahun. Kamu juga bisa memberikan jaminan kenyamanan, misalnya jika kamu menjual barang secara online, kamu bisa memberikan jaminan barang sampai maksimal 3 hari dan gratis pengembalian jika barang tidak orisinal.

Buat Pembulatan Harga ke Bawah

Biasanya perusahaan melakukan pembulatan ke atas, yaitu menambahkan harga yang harus dibayar pelanggan. Untuk membuat pelanggan menjadi loyal, cobalah untuk menghindari penambahan harga kepada pelanggan. Meski harga yang ditambahkan biasanya hanya beberapa rupiah, hal ini tentu sangat berpengaruh bagi pelanggan. Misalnya total pembayaran pelanggan adalah Rp190.527, kamu bisa membulatkannya menjadi Rp190.500, yaitu pembulatan ke bawah.

Setelah itu, pastikan pelanggan kamu mengetahui bahwa mereka mendapatkan pembulatan ke bawah. Hal ini sangat berpengaruh kepada psikologi pelanggan, di mana mereka akan merasa telah melakukan transaksi yang menguntungkan sehingga akan terus mengingat bisnis kamu.

Perhatikan Hal-hal Kecil

Semua orang sudah dipastikan sangat menyukai jika menerima perhatian. Apalagi perhatian tersebut bersifat personal dan berarti. Kamu bisa mulai dengan memerhatikan hari ulang tahun pelanggan. Dan ketika hari itu tiba, kamu bisa memberikan mereka ucapan ulang tahun, bisa melalui email, kartu ucapan, dan sebagainya.

Untuk memperhatikan pelanggan, kamu juga bisa memberikan hadiah kecil, misalnya toko pizza yang menyediakan balon gratis bagi anak-anak kecil. Selain itu, perhatikan juga kenyamanan mereka saat mengunjungi toko atau bisnis kamu, mulai dari toilet yang bersih, tempat sampah yang memadai, kursi khusus balita, dan sebagainya.

Jalin Komunikasi dengan Bahasa yang Dimengerti

Berharap pelanggan loyal berarti kamu harus menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Kamu bisa menjaga komunikasi dengan pelanggan melalui email, SMS, telepon, dan sebagainya untuk menanyakan kabar mereka. Kamu juga bisa secara rutin memberikan informasi bermanfaat, mulai dari mengirim artikel yang dibutuhkan hingga promo spesial yang mereka inginkan. Jangan lupa juga untuk menggunakan bahasa yang dimengerti konsumen atau pelanggan kamu. Hindari untuk menggunakan istilah-istilah tertentu yang tidak pernah dipahami pelanggan kamu sama sekali.

Dengarkan dan Berikan Solusi

Keluhan pelanggan adalah feedback yang baik bagi kamu dan bisnis. Di mana, keluhan dapat membantu kamu untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis. Jadi, ketika pelanggan kamu mengeluhkan produk atau layanan kamu, cobalah untuk dengarkan mereka, tampung dan catat semua keluhan dan masalah yang mereka hadapi.

Setelah mereka selesai bercerita, kamu bisa mulai dengan mengucapkan terima kasih kemudian berikan solusi yang menjawab semua masalah yang mereka hadapi. Jika keluhan mereka tidak bisa langsung kamu selesaikan, mintalah waktu kepada mereka untuk kamu menyelesaikan masalah tersebut.

Buat Forum dan Acara Khusus Pelanggan

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk membuat pelanggan loyal adalah dengan membuat forum atau acara khusus bagi pelanggan. Kamu bisa mulai dengan forum secara digital, bisa melalui website, social media, dan media lainnya. Kamu juga bisa beberapa kali dalam satu tahun mengadakan customer gathering, yaitu mengundang mereka ke suatu acara. Hal ini dapat membantu kamu untuk memberikan informasi terbaru mengenai bisnis kamu, hingga membangun hubungan lebih baik kepada pelanggan.

Hadapi dengan Transparan

Setiap bisnis pasti adakalanya mengalami kesulitan atau masalah, seperti kehabisan stok, jaringan Internet eror, dan sebagainya. Jika kamu mengalami masalah dalam bisnis, cobalah sampaikan dan hadapai masalah ini kepada pelanggan. Jangan sampai mereka menunggu dan menerka-nerka masalah yang terjadi.

Kamu juga bisa memberikan update mengenai masalah tersebut melalui social media, email, SMS, dan media lainnya yang kamu miliki. Dengan bersikap jujur dan bisa menghadapi masalah dengan transaparan, pelanggan akan lebih mudah percaya kepada bisnis kamu, sehingga mereka akan menjadi pelanggan yang loyal.

Jangan Pernah Abaikan Pelanggan

Banyak pengusaha yang sering melakukan kesalahan ini. Di mana, mereka ingin menargetkan pelanggan baru untuk bisnisnya, dan pelanggan lama akhirnya terabaikan. Padahal, mendapatkan pelanggan baru lebih mudah dibandingkan kamu harus menjaga pelanggan lama yang sudah loyal terhadap bisnis. Untuk menghindari ini, cobalah berikan layanan yang sama antara pelanggan baru dan pelanggan lama.

Akui Kesalahan yang Dilakukan

Setiap orang pasti pernah mengalami kesalahan. Jika ini terjadi dalam bisnis, cobalah untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada pelanggan atas kesalahan yang telah dilakukan. Saat ini penyebaran informasi bisa sangat mudah, dan jika kamu melakukan kesalahan pada 1 pelanggan, tidak menutup kemungkinan untuk diketahui pelanggan lain.

Untuk menghindari kehilangan pelanggan, cobalah dengarkan keluh kesah mereka dan cobalah bertanggungjawab dengan meminta maaf. Kamu juga bisa berikan solusi agar kesalahan tersebut bisa dimaafkan. Mengaku salah akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk menjadikan pelanggan loyal.

Selalu Tepati Janji

Memiliki reputasi yang baik di mata pelanggan adalah harapan semua pengusaha. Untuk itu, cobalah untuk konsisten dan selalu menepati janji kepada pelanggan, seperti mengirim barang dalam waktu 24 jam. Dengan selalu menepati janji, pelanggan akan lebih percaya terhadap bisnis kamu dan secara tidak langsung akan membangun nilai kepada calon pelanggan baru.

Jika suatu saat kamu membutuhkan waktu yang lama dalam pengiriman barang karena suatu hal, kamu juga harus menyampaikan kepada pelanggan. Misalnya saat momen Idul Fitri dan pesanan produk menjadi ramai. Hal ini tentu dapat menyebabkan pengiriman menjadi lebih lama dari biasanya.

Buat Program Loyalitas Pelanggan

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah membuat program loyalty reward untuk pelanggan yang loyal. Dengan program ini, kamu bisa menjaga hubungan baik terhadap pelanggan. Kamu bisa memberikan reward melalui berbagai hal mulai dari pengumpulan poin, memberikan kartu VIP untuk pelayanan terbatas, dan sebagainya. Dengan program ini, pelanggan akan terus menerus kembali membeli produk kamu dan terus menerus menjadi pelanggan kamu yang loyal.

 

Demikianlah pembahasan mengenai tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat pelanggan kamu menjadi setia terhadap bisnis. Dengan pelanggan yang loyal, kamu dapat lebih mudah mengembangkan bisnis dan mempertahankan bisnis dalam jangka panjang. Selain keloyalan pelanggan, kamu juga harus mengelola keuangan dengan bijak dan baik untuk mempertahankan dan mengelola bisnis. Sebagai seorang pebisnis andal, kamu harus memulai memikirkan untuk membuat laporan keuangan dari semua hasil penjualan. Dengan memiliki laporan keuangan, kamu akan lebih mudah dalam mengelola keuangan marketing dengan lebih baik. Maka dari itu sebaiknya gunakan aplikasi kasir yang terbaik dan memadai.

 


 

Silahkan coba demo aplikasi kasir SIDRetail Online maupun SIDRetail Platinum terlebih dahulu sebelum membeli. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin sidretail.id via phone atau Whats App:  082313084908 / 081234540765 atau via e-mail: admin@software-id.com. Layanan customer service Kami tersedia di via Phone/SMS/WA/Line:  082313084908 / 081234540765, Instagram: sidretail.id, dan Facebook: Sidretail ID, dan Twitter: sidretail_id.

 

Diposting pada tanggal: 08-12-2021
Chat kami / Fast Respon