CARA EFEKTIF MENENTUKAN TARGET PASAR

Target pasar adalah suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan untuk membeli produk yang dijual. Singkatnya target pasar adalah kelompok yang akan dilayani sebagai konsumen.

Dalam menetapkan target pasar, perusahaan harus lebih dulu melakukan segmentasi pasar dengan cara mengelompokkan konsumen ke dalam kelompok dengan ciri yang hampir sama. Biasanya, mempunyai rentan umur, sifat dan karakter yang hampir sama.

Hal ini penting karena perusahaan tidak mampu melayani semua konsumen atau pembeli di pasar karena beragamnya kebutuhan dan keinginan. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengidentifikasi bagian pasar mana yang akan dilayani.

Pentingnya Menentukan Target Pasar

Kenapa Kamu harus menentukan target pasar? Apa manfaat yang akan Kamu dapatkan? Di bawah ini adalah beberapa keuntungan yang akan Kamu dapatkan dengan menentukan target pasar sebelum memulai bisnis:

  • Menempatkan gagasan pemasaran dengan lebih jelas
  • Mengatur produk menjadi lebih baik.
  • Menemukan dan membandingkan kesempatan pasar.
  • Mengelompokkan budget yang dimiliki secara tepat.
  • Menciptakan daya tarik di bidang pemasaran.
  • Perusahaan akan berada pada posisi yang lebih baik.
  • Di bawah ini adalah beberapa cara efektif yang bisa Kamu lakukan untuk menentukan target pasar untuk bisnis UKM Kamu:

·Tentukan Siapa Konsumen Kamu

Setelah Kamu memiliki ide  produk yang akan Kamu tawarkan kepada konsumen, selanjutnya tentukan siapa saja calon konsumen sasaran Kamu. Penentuan target pasar dapat ditentukan berdasarkan beberapa segmentasi sebagai berikut:

a. Geografi

  • Segmentasi ini merupakan pengelompokkan target market berdasarkan lokasi atau wilayah, dengan harapan setiap wilayah memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga dapat dicocokkan untuk karakteristik produk atau brand Kamu.
  • Misal, penjualan pupuk pada wilayah perkebunan.
  • Segmentasi ini mencakup lingkungan, kode pos, kode area, kota, provinsi dan wilayah.

b. Demographic

  • Segmentasi demografik merupakan hal yang paling mendasar dan penting.
  • Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah produk atau brand yang dipasarkan cocok dengan klasifikasi tersebut.
  • Seperti contoh, jika produk yang akan dipasarkan berupa kosmetik untuk menunda penuaan dini, Kamu tidak akan memasarkannya kepada perempuan remaja yang berumur 12-17 tahun melainkan kepada wanita berumur 30 tahun ke atas.

c. Psikologi

  • Kamu dapat membagi target pasar berdasarkan kelas ekonomi, kepribadian atau preferensi gaya hidup.
  • Segmentasi pasar ini dibagi berdasarkan tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, jenis pekerjaan dan sebagainya.
  • Klasifikasi gaya hidup melibatkan nilai, kepercayaan, minat, dan sebagainya.
  • Segmentasi psikografis berdasarkan pada gaya hidup mereka atau kelas sosio-ekonomi.

Sebelum menentukan target pasar,  ada beberapa hal yang harus Kamu perhatikan. Simak ulasannya di bawah ini.

  • Ukuran Segmen

Perhatikan ukuran segmen yang akan dituju untuk memutuskan apakah segmen tersebut cukup menjanjikan untuk dilanjutkan atau tidak. Jangan menargetkan ukuran segmen yang terlalu besar atau luas.

Umumnya, perusahaan besar akan cenderung memilih segmen besar begitupun sebaliknya, perusahaan kecil akan memilih segmen pasar lebih kecil. Tujuannya adalah supaya perusahaan mampu menyesuaikan target perusahaan dengan kemampuan masing-masing.

  • Pertumbuhan Segmen

Menganalisis pertumbuhan segmen sangat diperlukan sebelum menentukan target pasar. Perhatikan pertumbuhan segmen yang akan dituju untuk melihat kemungkinan bisnis akan berkembang di masa yang akan datang.

Walaupun ukuran segmen saat ini cenderung kecil, tidak menutup kemungkinan segmen tersebut akan berkembang menjadi besar di masa mendatang. Pada dasarnya, segmen kecil adalah segmen pasar potensial.

  • Analisis Situasi

Lakukan analisis situasi secara teliti dan cermat sebelum menentukan target pasar. Analisis situasi tersebut berhubungan dengan konsumen, para pemasok, dan para distributor dengan menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats).

  • Sumber Daya Perusahaan

Sebelum menentukan target pasar, cobalah perhatikan sumber daya yang didapat perusahaan. Apabila sumber daya perusahaan didapat dari kerja sama dengan pihak luar, maka Kamu harus berhati-hati. Karena keuntungan dan risiko ditanggung bersama.

  • Dana yang Tersedia

Perhatikan dana yang disediakan perusahaan Kamu, apabila perusahaan menyediakan dana yang sedikit jangan mengambil risiko untuk menentukan target pasar yang besar. Usahakan keseimbangan antara dana dan yang menjadi sasaran tujuan.

  • Tujuan yang Sesuai

Setelah menentukan segmen pasar, sebaiknya perusahan tetap fokus pada segmen. Usahakan untuk tidak beralih ke segmen pasar lain yang memang tidak direncanakan sebelumnya untuk menghindari risiko mengalami kerugian.

Contoh Target Pasar

Di bawah ini, kami akan memberikan contoh dalam menentukan target pasar. Misalnya, Kamu adalah seorang pengusaha di bidang pakaian wanita, maka contoh target pasar yang bisa Kamu tentukan adalah sebagai berikut:

  • Produk yang dijual: pakaian wanita yang dijual secara online.
  • Target lokasi: kota-kota besar, seperti Surabaya, Jakarta, Semarang, Medan, Palembang, Bandung, Yogyakarta, dan lainya yang dapat dijangkau kurir maksimal 2-3 hari kerja.
  • Target demografi: perempuan dengan rentan usia 17-30 tahun yang memiliki penghasilan di atas 2 juta per bulan.
  • Karakteristik psikologis: terbiasa dengan Internet dan social media dan mengikuti tren fashion masa kini.
  • Pentingnya menentukan target pasar memang menjadi salah satu cara yang dilakukan sebelum memulai bisnis.
  • Selain itu, Kamu juga harus mengelola keuangan bisnis jika ingin bisnis Kamu terus maju dan berkembang.

Mengetahui Kebutuhan Target Pasar

Setelah Kamu menentukan siapa konsumen Kamu, selanjutnya adalah mencari informasi kebutuhan konsumen yang Kamu sasar. Cara ini dapat Kamu lakukan dengan melakukan tes produk. Dengan demikian, Kamu dapat mengetahui kebutuhan pasar atas produk yang Kamu tawarkan. Cobalah untuk mengikuti bazar untuk melakukan tes produk dan sebagai salah satu media untuk memperkenalkan produk. Maksimalkan momen tersebut untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya kebutuhan target Kamu.

Cara Menentukan Target Pasar Dengan Melakukan Evaluasi

Cara ketiga adalah mengevaluasi kembali kebutuhan serta ketertarikan target pasar yang Kamu sasar terhadap produk yang Kamu tawarkan. UKM di Indonesia perlu melakukan demikian, untuk mengetahui ketertarikan konsumen. Jangan sampai, ketika Kamu telah memulai bisnis tetapi penentuan target pasar Kamu salah. Akibatnya bisnis yang Kamu bangun mati di tengah jalan.

Tentukan Strategi Pemasaran

Setelah mengevaluasi target pasar, tentukan strategi yang tepat dalam hal pemasaran produk. Karena setiap target mempunyai gaya yang berbeda-beda dalam penentuan strategi pemasarannya. Misalnya, target Kamu remaja usia 17-20, maka target pemasarannya harus melalui social media. Sebab, rentan usia 17-20 sangat dekat dengan social media seperti instagram.

Evaluasi Respon Pasar

Cara terakhir adalah mengevaluasi respon pasar, apakah strategi yang Kamu terapkan berjalan efektif atau tidak. Jika tidak efektif, Kamu dapat merubah strategi pemasaran produk. Evaluasi respon pasar bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk yang Kamu tawarkan. Lakukan evaluasi secara berjangka, misalkan 1 bulan sekali agar lebih efektif.

Gunakan aplikasi kasir online SIDRetail yang dapat membantu mengatur keuangan bisnis Anda secara tepat. Dengan SIDRetail Anda akan lebih mudah dalam mengatur keuangan apaun jenis usaha dan bisnis Anda, karena lebih user friendly dan bisa diakses di mana saja. Dengan menggunakan aplikasi kasir Anda akan mendapatkan fitur-fitur terbaru yan mendukung usaha bisnis Anda. Sekian penjelasan tentang penjelasan aplikasi kasir yang cocok dengan bisnis Anda dari Kami.


Silahkan coba demo aplikasi kasir SIDRetail Online maupun SIDRetail Platinum terlebih dahulu sebelum membeli. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin sidretail.id via phone atau Whats App:  082313084908 / 081234540765 atau via e-mail: admin@software-id.com. Layanan customer service Kami tersedia di via Phone/SMS/WA/Line: 082313084908 / 081234540765, Instagram: sidretail.id, dan Facebook: Sidretail ID, dan Twitter: sidretail_id.

 

Diposting pada tanggal: 02-11-2023