TIPS AGAR PELANGGAN TETAP SETIA BERBELANJA
Tidak ada usaha yang akan terus berjalan tanpa adanya peran seorang pelanggan, dan tidaklah mudah bagi seorang pengusaha untuk menemukan cara agar pelanggan setia berbelanja di toko kamu. Pelanggan kamu merupakan kunci yang membuat usaha Kamu tetap berjalan dan memberikan keuntungan.
Mempertahankan dan menjaga kesetiaan pelanggan yang sudah ada ternyata berhubungan dengan bagaimana kualitas produk dan pelayanan yang bisnis kamu berikan. Semakin sempurna kombinasi keduanya, semakin tinggi juga peluang pelanggan yang sudah pernah membeli akan membeli kembali. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat pelanggan setia berbelanja dengan kualitas produk dan pelayanan yang baik.
Tips Agar Pelanggan Tetap Setia Berbelanja
Menanggapi Opini dan Saran dari Pelanggan
Untuk sebuah usaha yang sedang berkembang, sangatlah penting untuk mencari tahu tentang apa yang disukai dan tidak disukai oleh pelanggan pada produk-produk yang kamu tawarkan.
Kamu bisa menyediakan kotak saran atau via email untuk pelanggan sebagai bahan masukan pada usaha kamu agar kedepanya lebih baik lagi dan berkembang. Catatlah masukan-masukan dari pelanggan agar dapat menciptakan solusi yang akurat untuk memperbaiki kualitas usaha dan membuat pelanggan puas akan pelayan dan produk yang kamu tawarkan pada mereka.
Pahami Keinginan Para Pelanggan
Jika kamu ingin pelanggan untuk tetap setia, kamu harus bisa mengerti tentang produk apa saja yang di butuhkan oleh pelanggan dan harus mengerti tentang produk apa yang kamu tawarkan kepada mereka. Mungkin produk yang kamu tawarkan sama dengan penjual-penjual yang lainya namun ada alasan apa pelanggan memilih produk yang kamu sediakan daripada produk yang serupa yang ditawarkan oleh orang lain.
Pada umumnya, pelanggan kembali karena beberapa alasan yaitu,anggapan kamu memberikan penawaran khusus berbeda dengan orang lain,anggapan produk yang kamu berikan tidak di temukan di tempat lain, anggapan bahwa memuaskan pelangan dengan produk atau pelayanan yang kamu berikan.
Jujur kepada Pelanggan
Cara yang paling mudah untuk mendapatkan kesetiaan pelanggan ternyata datang dari diri kamu sendiri, yaitu sikap jujur. Jujur dalam hal waktu pengiriman, kondisi produk, dan hal-hal lainnya dalam pembelian membuat pelanggan tidak akan kecewa dan kehilangan kepercayaannya pada bisnis kamu. Jadi pastikan untuk membiasakan jujur dalam setiap kesempatan.
Membuat Ekspektasi Pelanggan yang Realistis
Cara membuat pelanggan setia membeli produk kamu juga dapat dilakukan dengan selalu membuat ekspekati yang realistis. Misalnya dalam tips bisnis kaos yang berkaitan dengan hal kualitas bahan, katakan kualitas bahan apa adanya dan jangan melebih-lebihkan. Hal ini dilakukan agar pelanggan tidak terlalu berekspektasi tinggi dengan kaos dan ketika akhirnya produk sampai pelanggan tidak kecewa dengan kualitas bahan yang tidak sesuai dengan ekspektasinya yang tinggi.
Kenali Produk yang Kamu Tawarkan kepada Pelanggan
Untuk mempelajari dan menganalisis diri kamu sendiri sebagai pemilik usaha dengan pola pandang pelanggan tidaklah mudah. Sebagai seorang pengusaha harus memiliki sikap kejujuran yang tinggi dan kerendahan hati untuk mengevaluasi diri sendiri.
Beberapa jenis usaha mungkin banyak yang berjalan kurang baik karena tidak mengerti akan dirinya sendiri dan produk yang ditawarkan. Jika kamu menjalankan sebuah usaha yang sudah banyak dijalankan oleh orang lain, maka harus menganggapnya sebagai sebuah tantangan yang harus kamu atasi dengan strategi bisnis yang dikuasai agar usaha dapat berjalan dengan lancar.
Ciptakan produk-produk baru yang kira-kira banyak diminati oleh para pelanggan dan untuk memasarkan produk yang telah Kamu ciptakan sebelumnya dengan strategi pemasaran tertentu yang Kamu kuasai.
Aktif Manfaatkan Media Sosial Bisnis Kamu
Jangan sampai bisnis kamu tidak memiliki sosial media. Pastikan untuk membuat beberapa akun bisnis kamu di berbagai media sosial. Lakukan pemasaran produk-produk baru untuk membuat pelanggan yang sudah pernah membeli kembali membeli karena keberadaan produk baru kembali. Manfaatkan juga media sosial untuk berkomunikasi dengan pelanggan mengenai apa yang mereka inginkan kembali dijual.
Manjakan Pelanggan dengan Kualitas Produk dan Pelayanan Kamu
Kebanyakan orang hanya mencoba sesuatu sekali saja. Namun, jika produk atau pelayanan yang kamu berikan benar-benar baik, maka pelanggan akan kembali lagi. Pelanggan akan tetap setia berlangganan dengan kamu jika produk yang kamu tawarkan memiliki kualitas yang baik.
Kualitas produk sangatlah penting dibandingkan dengan hal-hal yang lain yang terdapat pada usaha kamu. Sebenarnya sederhana, kamu harus membuat pelanggan yakin dan menyukai akan kualitas produk yang kamu tawarkan, jika tidak, maka pelanggan tidak akan membeli produk tersebut lagi entah seberapa menariknya pelayanan kamu, semurah apaun harganya dan sebersih apapun toko kamu. Tetap utamakan standar kualitas pelayan dan produk kamu.
Sesuaikan dengan Kebutuhan Pasar
Sebuah usaha yang berjalan dengan lancar pasti mengerti dan memenuhi kebutuhan konsumen. Tidak ada aturan untuk mempertahankan pelanggan, semuanya tergantung pada jenis usaha kamu.
Jika usaha kamu menawarkan produk yang menarik dan cukup umum, maka kemampuan Kamu untuk memasarkan dan pelayanan Kamu terhadap pelanggan akan menjadi hal-hal paling penting dalam mempertahankan pelanggan kamu.
Sekian penjelasan mengenai tips agar pelanggan tetap setia berbelanja. Semoga kamu dapat memahami apa yang diinginkan oleh pelanggan sehingga berdampak pada setianya pelanggan terhadap apa yang kamu berikan kepada pelanggan. Silahkan coba demo aplikasi kasir SIDRETAIL Online maupun SIDRETAIL Platinum terlebih dahulu sebelum membeli. Layanan customer service Kami tersedia di via Phone/SMS/WA/Line: 082133038180 & 081234540765, Instagram: sidretail.id, dan Facebook: Sidretail ID, dan Twitter: sidretail_id atau via e-mail: admin@software-id.com.