KEBIASAAN PENGANGGARAN BULANAN YANG CERDAS BAGI PEMILIK BISNIS KECIL

Keberadaan bisnis kecil di Indonesia menyumbang hampir 68% persen pemasukan dan penyediaan lapangan kerja. Hal ini tentunya menjadi sebuah pencapaian yang luar biasa bagi bisnis kecil yang memiliki kondisi keuangan terbatas.

Biasanya sebagai pemilik bisnis kecil, mengelola pengeluaran dan menempatkannya secara bijaksana tidaklah mudah. Oleh karena itu, untuk mendapatkan sebuah konsep kecerdasan finansial dan pengelolaan keuangan dengan baik di situasi awal bisnis yang masih belum stabil, seorang pengusaha perlu memiliki kebiasaan penganggaran bulanan yang dapat dimulai dari hal-hal kecil seperti berikut ini.

Sisihkan Dana Darurat

Pada tahap awal pendirian bisnis baru, pendapatan masih sering berfluktuasi sehingga Kamu perlu rencana cadangan untuk mengimbangi kurangnya konsistensi ini. Sangat penting untuk memiliki dana darurat untuk mempertahankan proses bisnis.

Kamu mungkin tidak dapat mengendalikan pengeluaran yang tidak terduga atau penurunan nilai ekonomi, tetapi dengan memiliki sejumlah uang yang telah disisihkan, Kamu telah memiliki penyangga keuangan jika ada sesuatu hal buruk terjadi dan memengaruhi bisnis serta keuangan bisnis.

Untuk itu, cobalah untuk menyisihkan biaya pengeluaran antara tiga bulan dan satu tahun untuk dana darurat bisnis di setiap bulannya. Jika mungkin, otomatisasi proses penyisihan keuangan tersebut sehingga Kamu bahkan tidak menyadari bahwa uang Kamu telah disisihkan.

Tambahkan Potensi Biaya Tidak Terduga

Ketika memiliki sebuah bisnis baru, Kamu cenderung memiliki banyak ide-ide baru yang cukup inovatif, datang secara tiba-tiba, dan membutuhkan biaya tak terduga. Merencanakan lebih dulu untuk anggaran biaya tak terduga adalah sebuah rahasia keuangan cerdas. Tambahkan 20% dari total anggaran bisnis sebagai biaya tak terduga.

Dengan memiliki anggaran biaya tak terduga, Kamu pasti akan merasa nyaman untuk menyalurkan ide kreatif Kamu yang datang tiba-tiba tanpa harus membebani uang bisnis.

Buat Anggaran dan Hindari untuk Menghabiskannya

Metode ini adalah cara yang baik untuk membuat diri Kamu bertanggung jawab jika Kamu cenderung mengeluarkan terlalu banyak uang perusahaan untuk keperluan pribadi terkait bisnis. Misalnya, Kamu dapat membagikan hal-hal berikut:

  • Rp1.000.000 untuk makanan kantor dan makanan ringan.
  • Rp2.000.000 untuk perlengkapan kantor.
  • Rp3.000.000 untuk makan malam bersama klien.

Jika Kamu masih menemukan lebih banyak pengeluaran setiap bulan, gunakan kalkulator penganggaran sederhana ini untuk menentukan berapa banyak yang akan masuk, berapa banyak yang akan keluar, dan berapa jumlah pengeluaran dalam jumlah total pembelanjaan Kamu.

Memperbarui Catatan dengan Melacak Semua Transaksi

Keuntungan dari memiliki bisnis sendiri adalah Kamu dapat menghapus pengeluaran tertentu ketika mengajukan pajak. Misalnya ketika Kamu sudah membeli barang yang terkena pajak, maka bukti pembayaran dari pembelian yang Kamu simpan akan membantu perusahaan mendapatkan pengurangan pajak.

Untuk benar-benar mendapatkan manfaat dari insentif ini, Kamu harus memiliki bukti yang terdokumentasi dari pengeluaran tersebut. Jadikan ini bagian dari agenda rutin bulanan Kamu saat membuat anggaran. Ikuti praktik pencatatan semua transaksi yang terjadi selama bulan sebelumnya.

Lacak dan catat semua data transaksi di perangkat lunak akuntansi Kamu dan simpan tanda terima secara digital. Jika suatu saat usaha Kamu di audit, atau ada masalah, Kamu akan memiliki semua dokumen yang dibutuhkan sebagai buktinya.

Secara Proaktif Mengurangi Utang

Utang adalah kenyataan bagi banyak pemilik bisnis kecil, namun memiliki terlalu banyak utang dapat membebani bisnis. Untuk menghindari situasi yang berlarut tersebut, maka usahakan untuk secara proaktif dan konsisten mengurangi jumlah utang perusahaan dengan melakukan pembayaran lebih jika memiliki anggaran yang memungkinkan.

Jangan menunggu utang mengalami jatuh tempo. Fokuslah terlebih dulu untuk melunasi utang dengan suku bunga tertinggi yang dapat membebani bisnis Kamu dalam jangka panjang. Menciptakan kebiasaan keuangan yang baik dan memiliki anggaran bulanan yang tepat adalah cara termudah dan paling efisien untuk membiayai semua keperluan bisnis.

Gunakan tips-tips anggaran keuangan di atas untuk memudahkan Kamu menjalankan hal-hal di atas. Kamu dapat menggunakan bantuan aplikasi kasir retail seperti aplikasi kasir dari SIDRetail.

Aplikasi kasir dari SIDRetail memberikan kemudahan dalam melakukan pembukuan secara akurat dan tepat. Tidak ada lagi kesalahan dalam penghitungan keuangan bisnis yang dapat merugikan perusahaan, karena hilangnya uang yang tidak terinput secara benar.

Gunakan aplikasi kasir dari SIDRetail untuk membantu mengelola keuangan bisnis Kamu. Dengan SIDRetail Kamu akan lebih mudah dalam mengatur keuangan apapun jenis usaha dan bisnis Kamu, karena lebih user friendly dan bisa diakses di mana saja. Dengan menggunakan aplikasi kasir Kamu akan mendapatkan fitur-fitur terbaru yan mendukung usaha bisnis Kamu.

Demikianlah pembahasan mengenai kebiasaan penganggaran bulanan yang cerdas bagi pemilik bisnis kecil. SIDRetail Online merupakan aplikasi kasir online yang memudahkan Kamu dalam mengelola keuangan bisnis. Dengan menggunakan SIDRetail Online, dapatkan kemudahan untuk mengetahui laporan keuangan bisinis Kamu dengan mudah tanpa membutuhkan banyak waktu. Selain itu, Aplikasi kasir SIDRetail Online juga dilengkapi berbagai fitur lainnya, seperti membuat laporan keuangan, laporan utang-piutang, mengelola stok barang dan aset perusahaan, dan masih banyak lagi.

 


Silahkan coba demo aplikasi kasir SIDRetail Online maupun SIDRetail Platinum terlebih dahulu sebelum membeli. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin sidretail.id via phone atau Whats App:  082313084908 / 081234540765 atau via e-mail: admin@software-id.com. Layanan customer service Kami tersedia di via Phone/SMS/WA/Line: 082313084908 / 081234540765, Instagram: sidretail.id, dan Facebook: Sidretail ID, dan Twitter: sidretail_id.

 

Diposting pada tanggal: 17-7-2023

Chat kami / Fast Respon