TIPE-TIPE PERILAKU KONSUMEN
DAN CARA MENGHADAPINYA

Memahami perilaku konsumen dalam bisnis dapat membantu perusahaan untuk menggunakan strategi pemasaran yang tepat sehingga menghasilkan proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen. Dengan demikian, jika Kamu dapat memahami perilaku konsumen, Kamu dapat melakukan evaluasi bisnis serta merancang strategi pemasaran kepada konsumen yang akan Kamu targetkan. Jika Kamu dapat memperlakukan konsumen dengan baik, maka bisnis Kamu akan berkembang pesat.

Oleh karena itu, pemahaman karakter konsumen dan sifat yang mereka miliki sangat diperlukan untuk menghadapi dan menyiasati dengan cara yang tepat. Sehingga, Kamu akan terbiasa dalam menghadapi konsumen. Karena tidak selamanya Kamu menghadapi konsumen yang baik hati dan tahu posisi pebisnis, maka alangkah baiknya Kamu mempelajari tipe-tipe perilaku konsumen dan cara untuk menghadapinya.

 

Tipe-tipe Perilaku Konsumen dan Cara Menghadapinya

 

Konsumen Baik Hati

Konsumen seperti ini umumnya suka memamerkan pengetahuan mereka tentang berbagai produk, termasuk produk yang Kamu jual. Namun, yang dikatakan mereka belum tentu benar, karena semua itu terkadang hanya pendapat subyektif mereka saja. Beberapa hal yang harus Kamu lakukan adalah.

  • Menyetujui semua pendapat yang dibanggakan mereka.
  • Rayulah mereka menggunakan produk yang Kamu jual.
  • Perhatikan arah pembicaraan mereka dan ketika ada celah, cobalah manfaatkan untuk menawarkan produk Kamu.

 

Konsumen Hemat

Konsumen ini lebih teliti dalam menghitung pengeluaran yang dilakukan saat berbelanja. Mereka akan memilih produk yang memiliki harga termurah namun dengan kualitas yang tidak kalah bagus. Beberapa hal yang harus Kamu lakukan adalah.

  • Miliki data seputar perhitungan setiap produk secara lengkap untuk memberikan informasi akurat kepada konsumen.
  • Sampaikan manfaat dan fungsi setiap produk sebagai bahan pembanding konsumen.


Konsumen Pendiam

Konsumen seperti ini mengharuskan Kamu untuk lebih aktif. Beberapa hal yang harus Kamu lakukan adalah :

  • Buka pembicaran awal dengan konsumen.
  • Cobalah memulai dengan hal-hal ringan dan jangan langsung mengarah ke penjualan. Seperti “warna apa yang menjadi favorit Kamu?”.
  • Ketika konsumen mulai terbuka mulailah masuk ke pembicaraan yang mengarah ke produk Kamu.

 

Konsumen Bawel

Konsumen dengan tipe ini sangat aktif berbicara dengan gaya santai dan akrab. Mereka sangat mudah untuk diajak berbicara dan biasanya mereka akan membuka percakapan. Mereka akan berbicara apa saja dan seakan terlalu berlebihan. Beberapa hal yang harus Kamu lakukan adalah.

  • Miliki informasi akurat tentang produk yang Kamu jual.
  • Cobalah menjadi pendengar yang baik dengan membiarkan konsumen berbicara.
  • Ikuti alur konsumen sampai tahap tertentu, kemudian cobalah mulai masuk ke arah produk Kamu.
  • Jangan ragu untuk mengatakan, “bolehkan saya berbicara?” dengan senyum manis dan sopan.

 

Konsumen Pembanding

Jika bertemu dengan konsumen seperti ini, Kamu harus lebih berhati-hati. Sebab, biasanya mereka sudah mengetahui secara mendetail mengenai produk Kamu dan kompetitor. Tidak jarang mereka membandingkan dari segi harga, kualitas, dan lainnya. Beberapa hal yang harus Kamu lakukan adalah.

  • Kamu harus menguasai detail produk-produk yang Kamu dan kompetitor tawarkan.
  • Tetap berikan penjelasan tiap detailnya dengan bahasa yang baik dan sopan meski mereka akan terkesan mempertahankan pendapatnya.

 

Konsumen yang Tidak Sabaran

Terkadang produk Kamu membutuhkan waktu cukup lama dalam proses produksinya berdasarkan pesanan para konsumen. Saat menjalankan bisnis dengan tipe seperti ini, pasti ada konsumen yang ingin mendapatkan hasil yang cepat dan terkesan tidak sabar untuk menunggu. Beberapa hal yang harus Kamu lakukan adalah:

  • Menjelaskan dengan baik tentang estimasi waktu pembuatan produk.
  • Menjelaskan estimasi waktu pengiriman produk.
  • Sampaikan semua itu dengan baik dan sopan.

 

Konsumen Judes

Konsumen tipe ini mungkin sangat menyebalkan dan pasti Kamu berharap tidak bertemu dengannya. Karena konsumen yang judes seringkali membuat Kamu ikut kesal. Beberapa hal yang harus Kamu lakukan adalah:

  • Sikapi dengan ramah agar suasana mencair.
  • Atur bahasa yang baik.
  • Bersikaplah sopan dengan senyum menawan.

 

Konsumen Angkuh

Untuk menghadapi tipe konsumen seperti ini, Kamu harus melakukan beberapa cara seperti.

  • Belajar mendengarkan dengan apa yang mereka sampaikan.
  • Jangan terlalu terburu-buru untuk memberikan argumentasi Kamu kepada mereka karena akan terkesan membela diri.
  • Jika mereka telah menyampaikan masalahnya, jelaskan permasalahnnya dan cari solusi untuk menyelesaikannya dengan nada bicara yang terkontrol dan sopan.

 

Konsumen Pemarah

Untuk menghadapi konsumen seperti ini sebaiknya Kamu harus menyiapkan stok kesabaran yang ekstra. Jangan sampai Kamu terpancing dan ikut marah dan menyerang pelanggan. Jika itu terjadi, Kamu bisa kehilangan pelanggan di masa depan karena tidak dapat mengatasi tipe pelanggan pemarah. Beberapa hal yang harus Kamu lakukan adalah :

  • Belajar mendengarkan dengan apa yang mereka sampaikan.
  • Jangan terlalu terburu-buru untuk memberikan argumentasi Kamu kepada mereka karena akan terkesan membela diri.
  • Jika mereka telah menyiapkan masalahnya, jelaskan permasalahnnya dan cari solusi untuk menyelesaikannya dengan nada bicara yang terkontrol dan sopan.


Itulah beberapa tipe konsumen yang harus Kamu kenali dan hadapi. Dengan menghadapi konsumen dengan benar, Kamu juga dapat mengembangkan bisnis dengan mudah. Selain itu, untuk mengembangkan bisnis, Kamu juga tidak boleh melupakan keuangan bisnis. Tanpa keuangan bisnis yang baik, bisnis Kamu akan sulit untuk berkembang.

Aplikasi kasir SIDRetail Online merupakan aplikasi kasir online yang memudahkan Kamu dalam mengelola keuangan bisnis. Dengan menggunakan SIDRetail Online, dapatkan kemudahan untuk mengetahui laporan keuangan bisinis Kamu dengan mudah tanpa membutuhkan banyak waktu. Sehingga Kamu bisa fokus untuk mengembangkan bisnis Kamu.

Demikianlah pembahasan mengenai tipe-tipe konsumen dan cara menghadapinya. Konsumen adalah penopang bisnis Kamu. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan Kamu untuk memahami tipe-tipe perilaku konsumen ini agar Kamu dapat menerapkan strategi pemasaran yang tepat.

 


 

Silahkan coba demo aplikasi kasir SIDRetail Online maupun SIDRetail Platinum terlebih dahulu sebelum membeli. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin sidretail.id via phone atau Whats App:  082313084908 / 081234540765​​ atau via e-mail: admin@software-id.com. Layanan customer service Kami tersedia di via Phone/SMS/WA/Line:  082313084908 / 081234540765, Instagram: sidretail.id, dan Facebook: Sidretail ID, dan Twitter: sidretail_id.

 

Diposting pada tanggal: 14-02-2021