MEMILIH INFLUENCER YANG TEPAT UNTUK STRATEGI PEMASARAN

Tahukah Kamu jika Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki pengguna social media terbanyak di dunia? Sebut saja seperti Instagram, Tik Tok, Twitter, Facebook, WA, Youtube dan social media lainnya sangatlah akrab di masyarakat Indonesia. Hadirnya berbagai macam platform social media ini tentu saja dimanfaatkan oleh perusahaan.

Jika dulu produsen atau perusahaan mempromosikan produk atau jasanya dengan cara konvensional. Sementara, kini banyak perusahaan yang memakai social media dalam kegiatan marketingnya. Adapun salah satu strategi yang dinilai ampuh untuk memasarkan produk atau jasa dalam social media adalah menggunakan influencer.

Influencer merupakan orang yang memiliki followers atau audience yang cukup banyak di social media. Sehingga mereka dianggap memiliki pengaruh yang kuat terhadap followers mereka. Yang disebut dengan influencer ini contohnya seperti artis, selebgram, youtuber, blogger, dan sebagainya, yang dipilih berdasarkan popularitas, keahlian, atau reputasinya.

Tips Memilih Influencer yang Tepat

Karena pemasaran dengan menggunakan influencer ini memiliki pengaruh yang signifikan, Kamu tidak boleh salah memilih. Lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara menentukan influencer yang tepat? Berikut merupakan tips jitu memilihnya.

Lihat Followers

Hal penting dan yang paling utama dalam memilih influencer yakni followers-nya. Semakin banyaknya followers ini akan berpengaruh terhadap banyaknya audience yang melihat pemasaran produk atau jasa Kamu. Oleh karena itu, pilihlah influencer yang memiliki banyak followers. Selain banyaknya followers, Kamu juga harus memperhatikan follower–followernya, apakah mereka followers asli atau fiktif? Hal ini karena akhir-akhir ini banyak orang yang menggunakan jasa “jual beli” followers. Jika followers dari influencer yang Kamu pilih fiktif tentu saja tidak akan berpengaruh terhadap strategi marketing Kamu.

Persentase Engagement

Engagement atau hubungan dari seorang influencer dengan followers juga perlu untuk diperhatikan. Seorang influencer merupakan penyambung lidah dari brand Kamu kepada konsumen dan calon konsumen. Untuk melihat hubungan ini caranya, Kamu dapat melihat perbandingan jumlah likes dan komen yang ada pada setiap postingan influencer. Jika influencer memiliki followers lebih dari satu juta tetapi hanya mendapat likes kurang dari 100 atau komentarnya 5 saja, maka Kamu perlu mempertanyakan hal tersebut.

Perhatikan Relevansi Brand

Tips ketiga untuk memilih influencer yang tepat adalah relevansi atau keterkaitan brand. Caranya Kamu dapat memilih influencer yang bergerak dibidang industri yang sama. Lihat saja isi konten yang sering mereka upload, setidaknya 7 hari terakhir. Sebagai contoh misalnya, perusahaan Kamu bergerak dibidang make up halal, maka Kamu perlu mencari influencer yang bergerak dibidang dakwah atau minimal memakai jilbab atau kerudung. Janganlah memilih influencer yang rambutnya di cat atau berpakaian mini, karena jika demikian kurang relevan.

Akun Social Media yang Dimiliki

Selanjutnya, perhatikan akun social media dari influencer yang Kamu pilih. Umumnya masyarakat memiliki lebih dari social media seperti Instagram, Facebook, Twitter. Maka carilah influencer yang memiliki pengaruh di banyak media sosialnya. Selain itu, Kamu juga perlu membuat strategi pemasaran yang cocok untuk menyampaikan pesan yang tepat dari setiap akun sosial media influencer. Hal tersebut bertujuan agar target pasar yang ditentukan tercapai.

Cek Riwayat Feed Influencer

Selain engagement, Kamu juga harus mengetahui brand apa saja yang pernah bekerja sama dengan calon influencer Kamu. Hal ini penting, dengan begitu Kamu dapat memastikan tidak ada kompetitor dari brand. Kamu juga perlu memerhatikan feed pribadinya karena feed pribadi yang terlalu banyak dapat dianggap spam. Sehingga penting untuk Kamu melakukan pengecekan riwayat feed influencer dengan teliti.

Itulah beberapa hal tentang influencer yang perlu Kamu ketahui. Strategi marketing dengan menggunakan influencer memang banyak mendapatkan keuntungan dengan catatan Kamu dapat memilih influencer yang tepat dan sesuai dengan tujuan dari pemasaran perusahaan. Namun, tahukah Kamu? untuk mendukung kemajuan usaha bisnis, tidak hanya strategi pemasaran, Kamu juga harus memperhatikan pengelolaan keuangan bisnis.

Untuk memudahkan mengelola keuangan perusahaan, Kamu bisa menggunakan aplikasi kasir online SIDRetail untuk membantu mengelola keuangan bisnis Kamu, dengan aplikasi kasir online SIDRetail Kamu akan lebih mudah dalam mengatur keuangan apapun jenis usaha dan bisnis Kamu karena selain bisa dilakukan secara offline aplikasi kasir SIDRetail bisa diakses secara online dari mana saja dan kapan saja. 

Sekian penjelasan tentang memilih influencer yang tepat sebagai strategi pemasaran dari Kami. Semoga artikel ini dapat membantu Kamu dalam membangun sebuah bisnis. Gunakan aplikasi kasir online SIDRetail untuk membantu mengelola keuangan bisnis Kamu. Dengan SIDRetail Kamu akan lebih mudah dalam mengatur keuangan apaun jenis usaha dan bisnis Kamu, karena lebih user friendly dan bisa diakses di mana saja. Dengan menggunakan aplikasi kasir Kamu akan mendapatkan fitur-fitur terbaru yan mendukung usaha bisnis Kamu.


Silahkan coba demo aplikasi kasir SIDRetail Online maupun SIDRetail Platinum terlebih dahulu sebelum membeli. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin sidretail.id via phone atau Whats App:  082313084908 / 081234540765​​ atau via e-mail: admin@software-id.com. Layanan customer service Kami tersedia di via Phone/SMS/WA/Line: 082313084908 / 081234540765, Instagram: sidretail.id, dan Facebook: Sidretail ID, dan Twitter: sidretail_id.

 

Diposting pada tanggal: 23-8-2023