FUNGSI DAN TUGAS KASIR
Kasir merupakan pekerjaan yang difokuskan pada penanganan uang tunai Dalam toko, kasir adalah orang yang memindai barang melalui mesin yang disebut kasir bahwa konsumen ingin membeli di toko ritel di bisnis non-ritel, ini akan menjadi posisi tanggung jawab yang signifikan dengan proporsi yang selalu lebih besar dari transaksi yang dilakukan dengan menggunakan pengganti uang tunai (seperti cek, kartu kredit, kartu debit, kasir adalah seseorang yang memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan account mereka , seperti dengan menerima dan menyalurkan uang dan menerima cek.
Pekerjaan sebagai kasir ternyata tidak bisa segampang yang dikira, profesi ini sangat penting dalam sebuah bisnis, karena merupakan salah satu bagian yang sering bertemu dengan pelanggan. Ini artinya setiap pelanggan yang membeli produk di toko harus melalui kasir untuk melakukan pembayaran.
Pertemuan dengan pelanggan ini lah yang merupakan bagian terpenting. Karena pelayanan yang diberikan oleh seorang kasir dapat mempengaruhi pengalaman berbelanja pelanggan. Tetapi apakah pekerjaan kasir hanya sekedar melayani pelanggan yang melakukan transaksi? Tentu saja tidak, mari kita cari tahu bersama.
Selain istilah kasir, ada juga istilah kassa. Keduanya mempunyai perbedaan. Kasir adalah orangnya, sedangkan kassa adalah tempatnya. Profesi kasir di toko retail atau minimarket adalah seseorang yang pekerjaannya menerima uang pembayaran saat pembelian produk barang atau jasa dan melakukan pengembalian uang sisa pembayaran, sekaligus menyerahkan produk barang atau jasa kepada pelanggan (customer) di loket-loket kasir di suatu toko, super market, mini market, hotel, mall, restoran, rumah sakit, ataupun departement store. Selain itu, tugas kasir juga melakukan penghitungan jumlah total penjualan per hari, per minggu, ataupun per bulan serta mengenali barang yang paling laris terjual.
Tanggung Jawab Utama Kasir
Melayani dan melakukan perhitungan atas transaksi yang dilakukan.
Tugas Kasir
- Menjalankan proses penjualan dan pembayaran
- Melakukan pencatatan atas semua transaksi
- Membantu pelanggan dalam memberikan informasi mengenai suatu produk
- Melakukan proses transaksi pelayanan jual beli serta melakukan pembungkusan
- Melakukan pengecekan atas jumlah barang pada sat penerimaan barang
- Melakukan pencatatan kas fisik serta melakukan pelaporan kepada atasan.
- Melakukan pengecekan atas stok bulanan
Kewajiban Khusus Kasir
- Melakukan penghitungan secara teliti agar tidak terjadi selisih antara produk dan uang yang ada dengan laporan yang dibuat.
- Melakukan pembukuan dengan baik dan benar
- Mampu berkomunikasi dengan baik dan benar
- Terampil dalam melayani konsumen
- Jujur dan andal, tepat, jujur
- Keterampilan dalam berkomunikasi
Cara menjadi kasir yang baik
-
Pelajari cara pembayaran
Dapat melakukan proses transaksi berupa tunai, debid, dan kredit merupakan keahlian yang wajib kamu kuasai sebagai kasir. Selain dapat menghitung uang kembalian dengan baik, kamu juga harus bisa mengoperasikan alat pembayaran non-tunai seperti penggunaan debit, kredit, e-money, dan juga e-wallet seperti ovo atau gopay.
Di samping itu, keahlian untuk menggunakan mesin kasir juga penting. Namun untuk sekarang, biasanya mesin kasir telah diganti dengan menggunakan komputer. Jika merasa kesulitan dalam mengoperasikan mesin atau software kasir, kamu dapat melihat buku panduan agar dapat membantu mengingat hal-hal teknis, seperti password, teknis data pembayaran, dan lain-lain.
-
Memberikan pelayanan terbaik
Pelayanan yang ramah, akan membuat pelanggan merasa nyaman ketika masuk ke toko. Cobalah untuk selalu menunjukkan penampilan yang baik seperti tersenyum dan menyapa pelanggan. Kamu dapat mengatakan sekedar salam pembuka atau ucapan terima kasih, seperti "Selamat datang"/“Terima kasih telah berbelanja di toko kami”
Sebagai kasir, kamu juga harus dapat menerima komplain dari pelanggan. Walaupun beberapa pelanggan terkadang sedikit kasar, kamu harus bisa sabar dan tetap mendengarkan keluhan mereka. Misalnya, ketika barang yang mereka cari habis, kamu dapat menjelaskan bahwa kapan barang tersebut akan tersedia kembali. Dengan tindakan tersebut, pelanggan dapat mengetahui bahwa mereka sedang diperhatikan dengan baik.
Selain itu, yang perlu kamu perhatikan dalam melayani pelanggan adalah menghindari mengobrol atau memainkan handphone. Cobalah tetap fokus pada pelanggan yang ada di depanmu. Ketika melakukan hal tersebut, pelanggan bisa merasakan bahwa kamu tidak menghargainya.
-
Memahami sudut pandang pelanggan
Terkadang memang tidak setiap saat kamu dalam kondisi yang baik. Namun, untuk menjadi seorang profesional, kamu harus dapat memposisikan diri sebagai pelanggan.
Apa yang kamu rasakan ketika melakukan pembayaran, tapi kasirnya terlihat murung atau tidak ramah? Hal ini tentu saja pasti akan menimbulkan berbagai pertanyaan mengenai kasir tersebut. Oleh karena itu, coba lah tetap ramah dan tersenyum walaupun kamu sedang mengalami masalah.
Selain itu, kamu juga harus bisa memahami kondisi yang terjadi. Misalnya terjadi antrian yang panjang. Kamu harus dapat melihat bagaimana kondisi antrian dan belanjaan para pelanggan. Jika kamu merasa antrian tersebut panjang dan akan membuat antrian menjadi lama, maka tidak ada salahnya meminta bantuan rekan kasir yang lain. Kamu juga bisa mengarahkan pelanggan ke meja kasir lainya.
Biasanya pelanggan akan merasa bosan dan tidak sabar ketika terjadi antrian panjang. Mereka juga bisa merasa tidak nyaman jika tidak ada upaya dari pegawai toko untuk mengatasi antrian tersebut. Oleh karena itu, setiap tindakan kamu sebagai kasir sangat berpengaruh terhadap pelayanan yang diberikan ke pelanggan.
-
Membangun hubungan baik dengan pelanggan
Kamu pasti pernah bertemu dengan orang yang menjadi pelanggan setia di sebuah toko. Mereka biasanya telah akrab dengan pegawai, kasir, bahkan manager toko. Salah satu cara agar bisa mendapatkan pelanggan setia tersebut yaitu dengan membangun hubungan dengan mereka. Hal ini cukup tricky, karena diperlukan kecerdasan emosional terutama dalam berkomunikasi dengan pelanggan.
Komunikasi yang kamu lakukan harus sesuai dengan kondisi, dan jangan terlalu memaksa untuk menjadi akrab dengan pelanggan. Karena kondisi pelanggan yang berbelanja tidak sama. Pelanggan yang sedang terlihat bahagia, bisa sesekali kamu ajak untuk mengobrol sambil melakukan packing barang belanjaannya. Misalnya sekedar menanyakan kondisinya, contoh “Bagaimana kabarnya hari ini, Pak/Buk? Sepertinya sedang bahagia nih?”. Namun, cukup sampai di situ dan perhatikan jangan sampai masuk ke ranah pribadi pelanggan.
-
Memiliki pemahaman terhadap produk
“Mas/Mbak, ini bagusan mana ya? Yang A atau B?”, Tak jarang pelanggan menanyakan hal-hal seperti contoh di atas. Sehingga sebagai kasir, kamu harus dapat memberikan rekomendasi yang cocok untuk mereka. Namun, hal ini dapat dilakukan jika kamu memiliki pemahaman produk yang baik.
-
Memahami stock opname
Walaupun di beberapa perusahaan ada bagian yang bertanggung jawab dalam mengelola stok barang, namun sebagai seorang kasir kamu juga harus memahami mengenai stock opname. Stock opname adalah aktivitas menghitung dan menganalisis ketersediaan barang yang ada di gudang. Hal ini bertujuan agar kamu mengetahui bagaimana ketersedian barang yang di toko dan di gudang. Sehingga kamu dengan mudah untuk menyesuaikan stok barang tersebut dengan data penjualan.
Sekian penjelasan mengenai fungsi dan tugas kasir. Semoga kamu selalu melayani pelanggan semaksimal mungkin. Silahkan coba demo aplikasi kasir SIDRetail Online maupun SIDRetail Platinum terlebih dahulu sebelum membeli.
Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin sidretail.id via phone atau Whats App: 082313084908 / 081234540765 atau via e-mail: admin@software-id.com. Layanan customer service Kami tersedia di via Phone/SMS/WA/Line: 082313084908 / 081234540765, Instagram: sidretail.id, dan Facebook: Sidretail ID, dan Twitter: sidretail_id.